Formula 1

Tak Ikut Uji Coba, Rio Haryanto Langsung Terbang ke Monaco

Rabu, 18 Mei 2016 23:55 WIB
Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Kepastian tersebut dikonfirmasi oleh sang ibunda Indah Pennywati. Menurutnya, usai mengikuti race kelima di Sirkuit Catalunya Barcelona, Spanyol, Minggu (15/05/16), Rio tidak pulang ke Indonesia tetapi langsung berangkat ke Monaco.

"Rio Haryanto berangkat ke Monaco dari Barcelona pada Selasa (17/05/16) untuk menjalani persiapan di sana," ungkap Indah Pennywati seperti dikutip dari Antara.


Rio Haryanto terbang ke Monaco dari Barcelona pada Selasa (17/05/16).

Pada race kelima di Sirkuit Catalunya tersebut, Rio Haryanto yang mengendarai mobil MRT05 berhasil menempati posisi ke-17 dengan catatan waktu 1 menit 29,402 detik, sedangkan rekannya pebalap asal Jerman, Pascal Wehrlein, menempati posisi ke-16.

Catatan kurang memuaskan tersebut, mungkin menjadi alasan tim Manor Racing tidak melibatkan Rio Haryanto dalam tes di Sirkuit Catalunya, 17-18 Mei 2016. Tim asal Inggris itu menurunkan Pascal Wehrlein pada tes hari pertama, dan pembalap cadangan Jordan King pada tes hari kedua.


Posisi Rio Haryanto di Manor Racing bisa terancam jika tidak segera mencatat hasil positif.

Terlepas dari itu semua, ketika ditanya evaluasi sementara terhadap hasil yang dicapai Rio Haryanto selama berlaga pada ajang balap jet darat tersebut, Indah Pennywati mengatakan, sejauh ini progres yang dicapai Rio Haryanto cukup naik.

"Kadang-kadang Rio bisa lebih cepat dari Pascal, kadang-kadang Pascal lebih cepat. Tetapi beda kecepatan keduanya tidak jauh," katanya menegaskan. "Downforce dan aerodinamik sangat penting."

Indah Pennywati pun berharap Rio Haryanto bisa mencatat hasil lebih baik pada Grand Prix Monaco, di Sirkuit Monte Carlo. "Harapannya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sekarang," tutupnya.