Komunitas

'Wajib Hukumnya Mendukung Rio Haryanto'

Senin, 30 Mei 2016 06:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Pembalap kebanggaan Tanah Air, Rio Haryanto terancam terdepak dari karena balapan Formula 1 karena belum sepenuhnya melunasi pembayaran kepada Manor Racing Team, Senin (30/05/16).

Seperti diketahui manajemen Rio Haryanto diharuskan menyetor dana senilai 15 juta euro ke Manor Racing Team agar pembalap asal Solo tersebut bisa mengaspal di F1 musim ini. Hal itu dilakukan mengingat Rio bukan merupakan pembalap didikan tim tersebut.

Meski sudah menyetorkan uang senilai tujuh juta euro, manajemen Rio masih harus bekerja keras guna melunasi pembayaran yang masih tersisa sekitar 8 juta euro. Belum adanya dana tersebut membuat nasib Rio Haryanto seakan berada di ujung tanduk.

Rio dikabarkan hanya bisa membalap setengah kompetisi. Hal itu pula yang membuat masyarakat berempati, salah satunya dari juara Fun Rally Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club INA), Yusuf Gunco.


Yusuf Gunco, pemenang Fun Rally acara MB Club INA.

"Negara ini dibangun untuk kepentingan masyarakat, jadi wajib hukumnya kita mendukung Rio apapun bentuknya,” kata Yusuf Gunco saat ditemui INDOSPORT saat acara Fun Rally dan kegiatan sosial yang digagas oleh Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club INA). 

Ditambahkan oleh pria asal Makassar tersebut, masalah dukungan untuk Rio Haryanto sudah sepatutnya jangan diperdebatkan. Pemerintah pun sudah seharusnya turun tangan karena Rio berjuang bukan untuk diri sendiri namun untuk Merah Putih.

“Rio Haryanto ini jangan diperdebatkan, saya melihat di televisi dia ini diperdebatkan karena masalah biaya yang besar. Kalau menurut saya, pemerintah harus mendukung karena ini mewakili atas nama bangsa bukan atas nama pribadi," tegasnya.

3