Formula 1

Disebut Jalani Balapan Terakhir, Ini Bukti Kecintaan Rio Haryanto kepada Manor

Minggu, 24 Juli 2016 07:24 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Rio Haryanto mengalami kecelakaan saat menjalani kualifikasi jelang GP Hungaria, Sabtu (23/07) malam. Rio menabrak tembok pembatas dengan cukup keras.

Beruntung, Rio tidak mengalami cedera parah dalam kecelakaan ini. Namun, kecelakaan ini membuat pembalap Manor Racing ini akan memulai balapan dari urutan buncit.


Rio Haryanto menabrak tembok pembatas saat babak kualifikasi GP Hungaria.

Usai kecelakaan Rio sempat menyiratkan kecintaan kepada timnya. Pembalap yang disebut akan akhiri kariernya karena alasan keuangan ini menyayangkan mobil yang rusak parah dalam kecelakaan.

"Sangat disayangkan. Mobil juga mengalami kerusakan parah. Kasihan, rekan-rekan akan sangat sibuk malam ini," ujar Rio dalam halaman Facebook Manor Racing.


Sirkuit Hungaroring diguyur hujan deras yang membuat babak kualifikasi GP Hungaria tiga kali ditunda.

Kondisi lintasan memang tidak dalam kondisi ideal akibat diiringi hujan deras saat babak kualifikasi. Sesi kualifikasi pertama juga sempat ditunda selama tiga kali karena hujan.

"Saat dilanjutkan untuk ketiga kalinya, waktu yang tersisa hanya sedikit, sekitar lima menit. Jadi saya harus menggeber mobil saya meski lintasan masih lembab. Hasilnya saya kehilangan kendali di ban belakang di tikungan ke-10,"  sambung Rio.

Hasil ini sedikit mengecewakan bagi awak Manor, karena dua pembalapnya harus finish dari posisi terakhir usai Pascal Wehrlein juga tidak mampu menunjukan performa apik di babak kualifikasi. Khusus bagi Rio, balapan di GP Hungaria ini juga disebut bakal menjadi ajang terakhirnya di Formula 1 (F1).

Namun, Rio tetap optimistis bisa tetap melanjutkan balapan usai GP Hungaria. Kini, pembalap andalan Indonesia ini mengaku akan fokus pada balapan yang digelar sore nanti.

961