Formula 1

Nasib Rio Haryanto Terkatung-katung, Kemenpora 'Ultimatum' Manor

Rabu, 27 Juli 2016 19:39 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Galih Prasetyo
© Kemenpora/INDOSPORT
Rio Haryanto dan Imam Nahrawi Copyright: © Kemenpora/INDOSPORT
Rio Haryanto dan Imam Nahrawi

Deputi IV Kemenpora, Gatot Dewa S Broto, menyebut jika Kemenpora berharap besar jika Manor akan menepati ‘janji’ agar rio bisa berlaga di ajang balap jet darat itu hingga akhir musim. Gatot mengklaim jika Kemenpora telah berusaha maksimal untuk mendapatkan dana tambahan bagi pembalap kelahiran Surakarta tersebut.

“Saat Dave Ryan (Director Racing Manor) sempat menyatakan jika Rio bisa berlaga di ajang F1 hingga akhir saat Rio pertama kali di declare jadi pembalap Manor. Kami menerjemahkan jika hal tersebut dapat dilakukan tentunya jika telah dilunasi, tapi tentu kami berharap,” ujar Gatot di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

Terkait berbagai tanggapan yang menilai jika Pemerintah dengan mudah menyerah untuk membantu Rio, Gatot menyangkalnya. Pemerintah juga membuka peluang jika ada perusahaan asing yang membantu Rio karena segala usaha untuk mendapatkan dana bagi Rio telah dilakukan.

“Jika Manor memberikan kesempatan bagi Rio hingga akhir musim, tentunya mereka akan mengejar jaminan dana. Kemarin sempat ada kabar dari Manor jika ada sponsor lain untuk mereka di luar Pertamina, tentunya kami menyambut hal baik tersebut,” tambah Gatot.

“Banyak perusahaan asing yang mensponsori para pembalap F1 lainnya. Lihat saja perusahan minyak asal Malaysia yang menjadi sponsor pembalap di F1 meskipun pembalap mereka sendiri tak berlaga di ajang tersebut,”.

69