Komunitas

Ini Respon Komunitas Otomotif Nasional Terkait Pemecatan Rio Haryanto

Rabu, 10 Agustus 2016 16:30 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Lewat akun Twitter resminya, Manor Racing resmi memecat Rio Haryanto dari pembalap utama mereka di sisa balapan Formula 1 musim ini. 

Posisi Rio Haryanto akan digantikan oleh pembalap asal Prancis, Esteban Ocon. Terkait hal ini sejumlah komunitas otomotif nasional memberikan responya. 

Bagus Tri Setiana dari Komunitas Mercy Club mengatakan bahwa cukup menyesalkan sampai Rio Haryanto didepak dari Manor Racing. Namun ia menggarisbawahi bahwa sebenarnya Rio bisa terus berkarier di Formula 1 jika ada dukungan dari banyak pihak, 

"Sebenarnya sih sudah cukup hebat bisa masuk ke ajang F1, tapi memang harus lebih banyak di support dari segi sponsor dan skill-nya," kata Bagus. 

Bagus pun memberi wejangan Rio Haryanto bahwa ia harus tetap bersabar untuk berkarier di ajang balap mobil, 

"Dan memang harus sabar untuk Rio Haryanto. Andai yang support bisa komit dan konsisten, pasti bisa jadi hebat nantinya," kata Bagus. 

Hal senada juga diungkap oleh Domi Afandy dari komunitas Chevy Spin Indonesia (CSI). Menurut Domi, sebenarnya nasib Rio yang bakal didepak dari Manor sudah bisa diprediksi,

"Ya nasib Rio memang sudah di prediksi akan di depak dari Manor karena tidak bisa memenuhi kewajiban kontraknya, tapi mau bagaimana lagi, Menpora pun juga sudah menyampaikan permintaan maaf karena tidak bisa berbuat banyak untuk membantu Rio," kata pria yang menjadi wakil kepala bidang kegiataan CSI tersebut. 

Domi pun menganggap bahwa didepaknya Rio seharusnya bisa jadi pembelajaran semua pihak di negeri ini. 

"Ini jadi pelajaran buat kita semua agar kedepannya bisa lebih siap lagi untuk ikut dalam ajang F1 ini terutama Kemenpora yang harus bisa mendorong sponsor lebih banyak lagi untuk bisa berpartisipasi. Ikut turun dalam F1 bukan sekedar siap membalap saja tetapi dukungan finance juga harus lebih siap," kata Domi. 

86