Formula 1

Minati Rio Haryanto, Ini Kata Bos Renault

Minggu, 9 Oktober 2016 07:57 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© INTERNET
Pembalap mobil Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto. Copyright: © INTERNET
Pembalap mobil Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto.

Renault tengah mempersiapkan dua pembalap utama untuk mengisi posisi musim balap 2017 mendatang. Tim yang baru saja mengakuisisi Lotus ini memang belum tampil maksimal pada musim balap tahun ini.

Hal ini membuat manajemen tim pabrikan asal Prancis ini tengah mengevaluasi hasil balap musim ini. Salah satu yang dipertimbangkan akan dirombak adalah dua kursi di belakang kemudi Renault RS-16.

"Dari luar saya pikir masyarakat tidak mengetahui bagaimana kami membangun skuat Enstone (Renault) sejauh ini, jadi banyak hal yang harus dikerjakan," ujar Bob Bell, Direktur Teknik Renault.


Tim Renault akan segera mengumkan pembalap utama untuk musim 2017 pada seminggu ke depan.

Sempat dikabarkan Rio Haryanto dipertimbangkan untuk menjadi salah satunya. Berdasarkan polling, pembalap asal Indonesia ini menjadi salah satu favorit untuk bergabung dengan tim yang berbalut warna kuning ini.

Namun, Renault akhirnya turut angkat suara terkait hal ini. Menurut Frederic Vasseur, Direktur Utama Renault, tidak mudah menentukan pembalap yang akan mengemudikan mesin Renault musim depan.

Jolyon Palmer dan Kevin Magnussen masih dipertimbakan sebagai pembalap utama. Namun, Bell tidak menyebut nama Rio Haryanto dalam salah satu kandidatnya.

Vasseur justru tengah menimbang nama Esteban Ocon, Carlos Sainz Jr, dan Nico Hulkenberg sebagai salah satu kandidat. Sementara nasib Magnussen akan ditentukan pada tanggal 14 Oktober 2016 mendatang.

"Kami memahami soal nilai pasar para pembalap, situasi tim kami, jadi kami harus segera menentukan nasib para pembalap dalam seminggu ke depan," ujar Vasseur seperti dikutip dari TV3.


Kevin Magnussen masih menjadi pembalap favorit yang akan dipertahankan Renault untuk musim mendatang.

Dengan jangka waktu yang cukup dekat, sulit rasanya membuat tim ini untuk mengangkut Rio Haryanto pada musim depan. Hal ini juga sempat diamini oleh ibunda Rio, Indah Pennywati.

Meski demikian manajemen Rio melalui sang ibunda mengatakan mereka akan fokus untuk urusan sponsor. Untuk persoalan tim mana yang akan dibela, Indah menyerahkan sepenuhnya kepada Rio sendiri.

“Ya semua pembalap masih berkesempatan untuk bergabung dengan tim manapun. Terserah Rio ingin bergabung dengan tim papan tengah atau atas, tapi kita harus lihat sponsor dulu,” ujar Indah kepada INDOSPORT.

Gelaran F1 sendiri akan memasuki fase kritis di musim balap ini. GP Jepang yang akan digelar di sirkuit Suzuka, Minggu (09/10/16) siang ini, akan menjadi salah satu babak penentu pertarungan duo Mercedes dalam meraih gelar juara musim ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%