Formula 1

Marta Garcia, Pengagum Verstappen yang Bercita-cita Balapan di Formula 1

Sabtu, 24 Desember 2016 18:20 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Ajang otomotif utamanya dunia balap mobil dalam dua tahun terakhir ini dikejutkan oleh penampilan driver kelahiran Spanyol berjenis kelamin perempuan bernama Marta Garcia Lopez. 

Marta Garcia disebut banyak pengamat otomotif dunia digadang-gadang sangat berpeluang untuk bisa menembus jadi driver Formula 1. Sebelumnya memang banyak pembalap perempuan yang diproyeksi bakal jadi pembalap di F1, namun kesemuanya hanya mampu berkarier di Formula 4, seperti pembalap asal Jerman, Sophia Floersch. 

Pembalap perempuan asal Spanyol, Marta Garcia Lopez saat bermain di ajang gokart.

Lantas apa yang membedakan Marta Garcia dengan pembalap perempuan lain? 

Salah satu faktornya ialah Marta Garcia sukses meraih juara di event Trofeo delle Industrie kelas KFJ, ajang yang juga pernah dimenangkan oleh pembalap lain sebelum berkarier di Formula 1 seperti Lewis Hamilton, Marco Wittmann, Antonio Giovinazzi, dan Daniil Kvyat. 

Dilansir dari motorsport.com, sepak terjang Marta Garcia pun cukup mumpuni di ajang Formula 4. Awalnya Garcia mengaku bahwa ia sempat mengalami kesulitan untuk adaptasi di Formula 4. 

"Transisi mobil cukup sulit buat saya, karena memang ada perbedaan besar. Saya selama tiga bulan tidak pernah di dalam mobil seperti ini," kata Garcia. 

Namun hasilnya cukup memuaskan. Dari 11 balapan, Garcia selalu masuk dalam lima besar. Soal banyaknya orang yang menganggap ia pantas untuk bisa menembus Formula 1, perempuan yang memulai kariernya di usia 9 tahun di gokart ini mengaku tujuan utamanya ialah bisa menembus Formula 1. 

Pembalap perempuan asal Spanyol, Marta Garcia Lopez yang diproyeksi bakal tembus Formula 1.

"Tujuan saya memang mendapatkan tiket Formula 1 dan kemudian bisa meraih kemenangan di sana," kata perempuan yang telah bertanding di 500 balapan ini. 

Menariknya saat ditanya, pembalap Formula 1 siapa yang ia idolai, Garcia tidak menyebut juara dunia F1, Nico Rosberg ataupun rekannya Lewis Hamilton. 

"Saya suka Max Verstappen, bagi saya dia driver terbaik di F1. Saya suka agresifnya Max. Sebenarnya saya suka Fernando Alonso saat pertama bermain gokart," kata perempuan yang bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan dan mengambil jurusan Teknik Aerodinamika.

Pembalap perempuan asal Spanyol, Marta Garcia Lopez yang diproyeksi bakal tembus Formula 1.