Formula 1

Bersiaplah, Valentino Rossi Bakal Jajal Mobil F1 Mercedes

Senin, 26 Desember 2016 03:31 WIB
Editor: Ramadhan
© gettyimages
Valentino Rossi dan F1 Mercedes Copyright: © gettyimages
Valentino Rossi dan F1 Mercedes

Mercedes berencana mengundang pembalap legendaris MotoGP dari Yamaha, Valentino Rossi untuk menjajal mobil Formula 1 milik mereka. Tak hanya Rossi, Direktur Eksekutif Mercedes, Toto Wolff juga bakal mengajak bintang WRC, Sebastian Ogier.

Seperti diberitakan motorsport, jika terealisasi, para pecinta MotoGP bakal melihat Rossi mengaspal bersama jet darat milik Mercedes pada tahun depan.

Melalui kerjasama sponsor, Mercedes sebelumnya telah memberikan kesempatan kepada pembalap MotoGP lainnya, Jorge Lorenzo, untuk menguji coba mobil F1 mereka. Pada Oktober lalu, Lorenzo pun mengaspal bersama jet darat di Silverstone.


Valentino Rossi saat bersiap memacu mobil Formula 1 milik Ferrari.

Usai melakukan tes mobil F1, Lorenzo mengaku takjub dengan jarak pengereman dan tingkat cengkeraman saat melaju di tikungan-tikungan berkecepatan tinggi. Pembalap Spanyol itu juga berkata bahwa F1 merupakan dunia yang berbeda dibandingkan MotoGP.

“F1 juga ada unsur hiburannya. Saya tertarik untuk melihat kemampuan Valentino Rossi dan Sebastien Ogier di balik kemudi mobil-mobil kami,” ujar Toto Wolff seperti dikutip dari motorsport.

“Jadi ya, saya sedang berencana untuk menggelar uji coba mobil kami selama satu hari penuh bersama mereka,” jelas Wolff.

Rossi sebenarnya tidak terlalu asing dengan mobil-mobil F1. Pembalap asal Italia itu sebelumnya pernah menguji coba mobil F1 milik tim Ferrari, termasuk dua sesi tes di Valencia pada tahun 2006, dan Mugello pada tahun 2008. Total, ia telah melahap sekitar 200 putaran lebih dari kedua sesi tes tersebut.

Valentino Rossi mendengarkan instruksi dari tim Ferrari saat uji coba mobil.

“Jika ia (Wolff) ingin menghubungi saya, ia sudah memiliki nomor saya,” kata Valentino Rossi kepada Sky Italia saat ditanya apakah dirinya tertarik untuk menguji coba mobil F1 milik Mercedes.

“Bagaimana saya bisa menolaknya? Saya cukup beruntung dapat menguji coba mobil F1 milik Ferrari karena saya bersahabat dengan beberapa personel di Maranello,” beber Rossi.

“Tapi dengan mereka (Mercedes), mungkin hal itu bisa dianggap sebagai pengkhianatan kecil. Tapi, siapa yang bisa menolak saat diberi kesempatan untuk menguji coba mobil Mercedes?” tandasnya.

Valentino Rossi saat berada di dalam kokpit mobil Formula 1 milik Ferrari.

Berbeda dengan Rossi, Ogier, peraih juara dunia WRC sebanyak 4 kali, belum pernah menguji coba mobil F1. Di luar ajang spesialisasinya, pereli asal Perancis itu pernah membalap di balapan GT, Porsche Supercup, VW Scirocco, dan F4 Perancis.

25