MotoGP

Dorna Sebut Marquez Tak Mungkin Sanggup Tenggelamkan Rossi

Minggu, 1 Januari 2017 14:37 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
©
Keberhasilan Marquez jadi juara dunia dianggap belum mampu menggeser popularitas Valentino Rossi. Copyright: ©
Keberhasilan Marquez jadi juara dunia dianggap belum mampu menggeser popularitas Valentino Rossi.

Penyelenggara balapan MotoGP, Dorna Sports mengakui keberhasilan Marc Marquez menjuarai balapan MotoGP 2016 berhasil membuat daya tarik kejuaraan tahunan balap roda dua paling bergengsi sejagat itu kian memikat. 

Namun keberhasilan itu diakui Dorna belum mampu untuk menjatuhkan popularitas serta karisma sosok paling pembalap fenomenal Valentino Rossi. Menurut Dorna, karisma Rossi di ajang balap MotoGP masih sulit untuk tergantikan.

Dorna juga menyebutkan bahwa kemenangan Valentino Rossi dalam kejuaraan telah memberikan dampak keuntungan bagi keberlangsungan penyelenggaraan MotoGP khususnya bagi tim pabrikan Honda. 


Valentino Rossi dianggap sebagai juara dunia yang mampu memberikan dampak keuntungan bagi tim dan kelangsungan kejuaraan balap MotoGP.

Menurut Dorna, kemenangan yang dirasakan paling menguntungan terjadi saat Rossi meraih gelar juara pada tahun 2001, 2002, dan 2003. 

"Rossi ibarat sebuah perusahaan, dia merupakan mesin penghasil uang. Dia membuat kejuaraan ini dibanjiri oleh banyak sponsor dan membuat tim makin hidup," kata salah satu perwakilan Dorna seperti dikutip Diariogol.

Namun Rossi kemudian memutuskan untuk bergabung bersama Yamaha pada tahun 2004 untuk kemudian sukses mengamankan empat gelar juara dunia. 

Meski demikian, Dorna tidak menampik jika pada kemudian hari Marquez bisa mengikuti jejak Rossi untuk menjadi pembalap yang bisa memberikan dampak keuntungan bagi kejuaraan dan tim pabrikan tempatnya bernaung, Repsol Honda.

1