Formula 1

Masih Finansial Pengelola Sirkuit Silverstone Buat Khawatir Legenda F1

Jumat, 6 Januari 2017 12:48 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Galih Prasetyo
© thisisf1.com
Salah satu legenda hidup Formula 1, Sir Jackie Stewart. Copyright: © thisisf1.com
Salah satu legenda hidup Formula 1, Sir Jackie Stewart.

Legenda Formula 1 asal Inggris, Sir Jackie Stewart mengaku khawatir dengan keberlangsungan Grand Prix Inggris karena sirkuit andalan mereka Silverstone akan ditutup.

Silverstone sendiri telah menjadi sirkuit untuk GP Inggris sejak 1987 dan sampai dengan saat ini belum ada lagi sirkuit yang cocok untuk menjadi home dari GP Inggris.

Stewart yang sudah tiga kali menjadi juara dunia Formula 1 ini mengatakan bahwa dipindahkannya Silverstone akan menjadi ancaman yang nyata bagi keberlangsungan GP Inggris.

"Bukan tidak mungkin hal itu terjadi? Saya akan sangat sedih jika hal itu terjadi. Tidak ada track balap lain yang akan mampu menjadi tuan rumah Grand Prix Inggris," ujarnya seperti dilansir dari The Sun.

British Racing Driver Club (BRDC) yang bertanggung jawab atas gelaran GP Inggris berencana untuk menutup sementara sirkuit karena alasan biaya. 

BRDC sendiri sejatinya memiliki kontrak dengan Formula 1 untuk menjadi tuan rumah GP Inggris sampai 2026, tapi mereka bisa mengaktifkan klausul break sebelum perhelatan pada bulan Juli, yang kemudian akan mulai berlaku di 2019 mendatang.

Pada surat resmi tertanggal 19 Desember 2016, ketua BRDC, John Grant, menyatakan keinginan untuk "melestarikan GP Inggris".Tapi dia mengatakan kepada para anggotanya untuk menghentikan sementara sirkuit Silverstone.

"Dewan sedang mempertimbangkan apakah kita harus memberikan pemberitahuan sebelum GP Inggris 2017 (sesuai kebutuhan) dari niat kita untuk melaksanakan klausul break dalam kontrak pada akhir 2019." tukas pernyataan tersebut.

35