Hakkinen: Valtteri Bottas Bisa Jadi Juara F1 bersama Mercedes

Senin, 9 Januari 2017 08:08 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Juara dunia F1 1998-1999, Mika Hakkinen mengatakan bahwa Valtteri Bottas bisa meraih gelar juara apabila kepindahannya ke Mercedes dikonfirmasi bulan ini.

"Tak ada situasi yang lebih baik bagi seorang pembalap jika sebuah tim menginginkan Anda. Apalagi jika tim tersebut telah mendominasi F1 seperti Mercedes, itu adalah situasi impian," kata pembalap senegara Bottas tersebut, seperti dikutip Eurosport.

"Saya bisa membayangkan Bottas memenangkan kejuaraan," tambahnya.

Namun menurut Hakkinen, gelar juara itu bisa diraih tergantung dari upaya si pembalap. "Ketika Anda masuk ke dalam tim yang berada di puncak, dan mampu memenangi kejuaraan dan balapan, maka semuanya tergantung Anda untuk berkembang, untuk membawa kemenangan dan kejuaraan," lanjut mantan pembalap McLaren itu.


Mika Hakkinen (kanan) saat di podium bersama Michael Schumacher.

Kabarnya, kepindahan Bottas ke Mercedes sedang berada di tahap negosiasi antara kedua tim. Williams yang memakai mesin-mesin buatan Mercedes, mengajukan syarat tertentu agar mau melepas Bottas.

Williams dirumorkan akan melepas Bottas apabila biaya pasokan mesin yang dipakai tahun ini sebesar 14 juta pounds (Rp229 miliar) dari Mercedes dihapuskan.

Williams pun telah mempunyai rencana cadangan apabila Bottas jadi pindah. Tim asal Inggris ini telah berancang-ancang menarik Felipe Massa dari waktu pensiun sementaranya sebagai partner Lance Stroll.