Formula 1

Mantan Pembalap F1: Rio Haryanto Tidak Akan Berhenti Balapan

Selasa, 10 Januari 2017 08:43 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Tahun lalu, Rio menjadi satu-satunya wakil dari Asia yang membalap F1 dengan memperkuat Manor Racing. Setelah didepak Manor, Rio tidak kunjung mendapatkan tim baru untuk berkompetisi di F1 2017, sehingga muncul pemberitaan Rio akan berhenti balapan.

Yoong mengungkapkan kekecewaannya mengenai pemberitaan Rio akan berhenti balapan. "Saya dengar ibunya mengatakan Rio akan berkonsentrasi pada bisnis keluarga. Saya tidak yakin [Rio akan berhenti balapan]," ungkap Yoong.

Sebagai informasi, Yoong pernah berada satu lintasan dengan Roy Haryanto, kakak Rio, ketika mereka masih berlaga di Formula Asia pada tahun 1994.

"Saya sudah mengenal keluarganya sejak lama dan saya respek kepada mereka. Saya kira Rio akan sukses dalam apapun yang ia lakukan,” kata pembalap asal Malaysia itu, sebagaimana diberitakan Motorsport.

"Sangat disayangkan apabila dunia motorsport kehilangan Rio karena ia pembalap yang begitu bagus. Ia masih memiliki karier yang panjang di depannya." ungkapnya dengan nada sedih.

Sulitnya mencapai F1 juga diakui Yoong. Meski sudah memiliki sirkuit Sepang dan Petronas sudah menjadi sponsor tim Sauber sejak tahun 1995 hingga kini menjadi juara dunia bersama tim Mercedes, Malaysia baru memiliki satu pembalap F1 saja, yakni Yoong.

"Saya akan senang melihat Rio kembali ke Formula 1. Saya tak yakin itu akan terjadi, ia tampak tidak mendapat dukungan yang tepat dari sektor korporasi. Sangat sayang sekali,” sambung mantan pembalap Minardi itu.

602