MXGP 2017

Jelang MXGP 2017 di Bangka Belitung, Kemenpora Fokus Siapkan Tim Merah Putih

Rabu, 18 Januari 2017 19:28 WIB
Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/Indosport
Suasana jumpa pers Count Down MXGP 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Suasana jumpa pers Count Down MXGP 2017.

Indonesia tengah bersiap menyambut hajatan besar sekelas MotoGP di Tanah Air. Kejuaraan Dunia Motocross atau MXGP 2017 akan berlangsung di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pihak pemerintah dalam hal ini, Kemenpora mendukung penuh gelaran yang juga akan mendongkrak pariwisata di Negeri Laskar Pelangi itu.

Menpora, Imam Nahrawi bahkan akan fokus dengan mempersiapkan para pembalap Tanah Air yang juga akan tampil pada hajatan tersebut.

“Terkait dengan kejuaraan yang akan berlangsung, Kemenpora akan fokus mempersiapkan Tim Merah Putih yang terdiri dari 10 crosser terbaik Indonesia,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi di di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/01/17).

Menpora, Imam Nahrawi di acara konferensi pers countdown MXGP 2017.

Porsi bantuan kementerian dalam mempersiapkan para crosser Indonesia yang akan berlaga di seri MXGP Indonesia melalui jalur wild card itu, adalah dalam pendanaan, penyiapan pelatih, motor, dan sarana latihan.

“Kami akan support para crosser ini agar bisa tampil maksimal di ajang besar ini dan berharap mereka akan mengharumkan nama bangsa di sana,” tambah Imam.

Senada dengan Imam, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa juga mengharapkan para crosser nasional ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya kala beradu cepat dengan pembalap dari negara-negara lainnya, kendati tidak dibebankan dengan target prestasi.

“Kami harap mereka mengeluarkan kemampuan terbaiknya meski targetnya turnamen ini untuk pembelajaran dari crosser asing. Yang diharapkan bukan cuma teknik membalap, tapi bagaimana mengolah mesin agar sesuai gaya membalap kita dan tahun berikutnya bisa lebih baik,” jelas Sadikin.

Sadikin menyebutkan sampai saat ini jumlah peserta yang akan mengikuti gelaran MXGP Indonesia berjumlah total 140 dari 27 negara.

Bangka Belitung yang dikenal dengan pantainya siap menjadi tuan rumah MXGP 2017.

Untuk crosser Indonesia yang tergabung dalam Tim Merah Putih yang dinilai sebagai bakat-bakat terbaik Indonesia ini didatangkan dari berbagai daerah.

Mereka terdiri dari Andre Sondakh (Sulawesi Utara), Mario Salontahe (Sulawesi Utara), Yosua Patipi (Papua), M Arjun Wicaksono (Jawa Tengah), Ivan Harry Nugroho (Jawa Tengah), Asep Lukman (Jawa Tengah), Rizky Haka (Jawa Tengah), Aldi Lazaroni (DIY), dan dua crosser wanita, Sheva Anella (DIY) serta Suci Mulyani (Jawa Timur).

Sebagai informasi, Indonesia menjadi salah satu dari 20 seri MXGP 2017 dan menjadi seri pertama dari 7 seri perlombaan bagi kelas yang dibuat untuk crosser wanita (Women's Motocross Championship/WMX) selama rangkaian MXGP 2017 ini.