Formula 1

Eks Rekan Rio Haryanto Dipastikan Tak Akan Membalap di Australia

Sabtu, 25 Maret 2017 10:09 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter @F1
Pascal Wehrlein saat menjalani tes pramusim di Catalunya, Barcelona. Copyright: © Twitter @F1
Pascal Wehrlein saat menjalani tes pramusim di Catalunya, Barcelona.

Pascal Wehrlein dipastikan tak akan membalap di balapan pertama Formula 1 di musim 2017. Mantan partner Rio Haryanto di tim Manor ini akan digantikan oleh pembalap cadangan Sauber, Antonio Giovinazzi di Grand Prix Australia. Keputusan ini diambil karena kondisi fisiknya yang dikhawatirkan tak akan bisa menghadapi balapan di Sirkuit Melbourne.

Kondisi ini bermula saat mantan pembalap Manor ini mengalami insiden di Race of Champions pada Januari 2017. Akibat dari kecelakaan itu, Wehrlein menderita cedera punggung. Ia pun absen di tes pramusim pertama di Sirkuit Catalunya.

Lalu Wehrlein sempat mengikuti tes pramusim kedua dan sesi latihan bebas pada Jumat (24/03/17) lalu. Namun ia memberi tahu timnya bahwa ia ragu bisa menyelesaikan balapan di Australia terkait kondisinya yang belum fit total.

"Level kebugaran saya tak sebagaimana mestinya untuk balapan penuh karena kurangnya waktu latihan. Saya menjelaskan situasi saya ke tim malam tadi. Maka, tim Sauber memutuskan untuk tak mengambil risiko. Ini sangat disayangkan, tetapi keputusan terbaik untuk tim," tutur Wehrlein dalam keterangan resminya.

Kepala tim Sauber, Monisha Kaltenborn, menyatakan ia percaya diri Wehrlein bisa fit sepenuhnya untuk Grand Prix China. "Kami sangat menghormati keterbukaan dan profesionalisme Pascal. Keputusan ini jelas tak mudah baginya, tetapi kami menggarisbawahi kualitasnya sebagai pembalap tim," ujarnya.

"Fokus kami sekarang adalah tingkat kesehatannya dan dalam situasi seperti ini kami tak mau mengambil risiko tak perlu. Pascal akan berlaga di China sesuai dengan rencana," tutup Kaltenborn.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%