Formula 1

Fans Ferrari Terobos Trek di GP Australia, FIA Lakukan Investigasi

Selasa, 28 Maret 2017 16:51 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Steven Tee/LAT Images
Para penonton memenuhi lintasan saat seluruh acara GP Australia belum benar-benar usai. Copyright: © Steven Tee/LAT Images
Para penonton memenuhi lintasan saat seluruh acara GP Australia belum benar-benar usai.

Sejumlah pendukung Ferrari memenuhi lintasan balap Grand Prix Australia di Sirkuit Melbourne usai Sebastian Vettel menjuarai balapan F1 seri perdana itu, Minggu (26/03/17). Padahal, sejumlah pembalap masih melintas di trek itu untuk kembali ke pit masing-masing.

"Itu hal gila, dalam konteks positif, ketika orang-orang berlarian di trek dengan bendera Ferrari. Sulit dipercaya," ungkap Vettel, seperti dikutip Fox Sports.

Namun ternyata hal tersebut merupakan pelanggaran peraturan karena para penonton menerobos batas aman sirkuit. Tentu aksi mereka ini membahayakan karena para pembalap masih mengendarai mobil masing-masing, meski dengan kecepatan rendah. Federasi Otomotif Internasional (FIA) pun akan melakukan penyelidikan untuk mencari siapa yag bertanggung jawab atas peristiwa ini.

"Biasanya, penonton hanya boleh ke lintasan setelah pembalap terakhir meninggalkan trek. Kali ini, untuk beberapa alasan, gerbang dibuka di tikungan 15 sebelum kejadian. Mungkin ada beberapa penggemar Ferrari yang sedang euforia berlebihan. Untungnya, tak ada kejadian berbahaya, tetapi kami akan menginvestigasi apa yang sebenarnya terjadi," tutur Direktur Balapan F1, Charlie Whiting.

Penyelenggara balapan F1, Andrew Westacott, pun menegaskan proses investigasi tengah berjalan. "Saya khawatir karena kami punya proses amat ketat untuk 21 balapan yang sudah bekerja baik. Jadi ada sesuatu yang salah di sini," ujarnya.