MotoGP

Dorna Setuju, Thailand Akan Gelar MotoGP 2018

Rabu, 29 Maret 2017 19:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Pihak Dorna sebagai penyelenggara balapan MotoGP, sudah menyetujui proposal yang dikirimkan Thailand untuk mengadakan MotoGP di negaranya pada 2018. Seperti kabar yang dilansir Speedweek, balapan sedianya akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Chang, Buriram. Negeri Gajah Putih itu mulai berniat menyelenggarakan MotoGP sejak menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Superbike pada 2015.

Jika kabar ini sudah diresmikan, Sirkuit Chang akan menjadi sirkuit terbaru yang masuk dalam kalender MotoGP setelah Termas de Rio Hondo di Argentina terdaftar pada 2014. Sirkuit Chang juga dikonfirmasi akan menyelenggarakan dua event internasional lainnya, yakni WorldSBK dan WorldSSP.

Sebelumnya, pihak Thailand telah menyiapkan 300 juta baht atau sekitar Rp115 miliar untuk membayar hak penyelenggaraan MotoGP selama tiga tahun (2018-2020). 

image article indosportSirkuit Chang saat menyelenggarakan WorldSBK 2017.

Selain Thailand, ada empat negara lagi yang bersaing untuk menyelenggarakan balapan MotoGP pada 2018, yakni Finlandia, Kazakhstan, Hungaria, dan Indonesia. Namun kabar terbaru melaporkan bahwa Finlandia tampaknya akan mundur dan mengajukan diri untuk tahun 2019.

Sementara Indonesia masih dalam proses mengejar pembangunan Sirkuit Jakabaring di Palembang yang digadang-gadang akan menjadi venue MotoGP 2018.