Formula 1

Eks Rekan Rio Haryanto Banyak Dikritik, Bos Sauber Angkat Bicara

Rabu, 29 Maret 2017 20:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© motorsport.com
Pascal Wehrlein, pembalap Sauber F1. Copyright: © motorsport.com
Pascal Wehrlein, pembalap Sauber F1.

Pascal Wehrlein hengkang dari tim Manor Racing yang bangkrut ke tim Sauber di musim balap Formula 1 2017. Baru bergabung, ia langsung menuai kritikan karena memutuskan tak ikut balapan seri perdana di Grand Prix Australia, Minggu (26/03/17).

Mantan rekan setim Rio Haryanto itu memberi tahu Sauber di detik-detik terakhir bahwa dirinya tak yakin bisa menyelesaikan balapan karena belum pulih benar dari cedera. Sebelumnya, Wehrlein mengalami cedera punggung karena insiden yang dialaminya di ajang Race of Champions, Januari lalu. Ia akhirnya digantikan Antonio Giovinazzi di GP Australia.

Namun bos Sauber, Monisha Kaltenborn sendiri memuji kejujuran Wehrlein untuk beristirahat guna memulihkan kondisinya. "Ia hanya butuh waktu. Menurut saya, jahat sekali jika orang-orang berpikir mereka bisa berkata apapun tentangnya. Mereka tak punya hak untuk menghakimi siapa pun. Seharusnya mereka melihat diri sendiri terlebih dulu," tuturnya pada Motorsport.

image article indosportBos Sauber, Monisha Kaltenborn.

"Butuh keberanian besar bagi seseorang bisa mengakui bahwa ia tak mampu menyelesaikan balapan dengan kondisinya. Jadi orang-orang seharusnya mengapresiasi keterbukaan dan kejujuran tersebut, yang sebenarnya sulit mengingat beban yang mereka tanggung," lanjut kepala tim F1 wanita satu-satunya itu.

Sauber pun mengharapkan Wehrlein bisa kembali turun ke lintasan pada Grand Prix China. Sesi latihan bebas pertama akan digelar 7 April dan balapan akan berlangsung 9 April mendatang.