Formula 1

Sirkuit Shanghai Basah, Banyak Tim F1 Bimbang

Minggu, 9 April 2017 11:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© twitter/Williams
Tim Williams Martini Racing. Copyright: © twitter/Williams
Tim Williams Martini Racing.

Cuaca yang tak bersahabat di Sirkuit Shanghai membuat balapan hari ini akan menjadi susah diprediksi. Hujan yang melanda Shanghai membuat para pembalap akan berpacu di lintasan basah untuk pertama kalinya. Pada sesi latihan bebas di hari Jumat, (07/04/17), mereka sempat menjajal lintasan basah meski tak banyak melakukan putaran. Bahkan tim Red Bull, Force India, dan Sauber tak menjajal lintasan basah sama sekali.

Hujan yang turun pagi tadi pun membuat lintasan belum sepenuhnya kering. Beberapa tim pun merasa tak pasti dengan balapan ini. Salah satunya adalah tim yang menaungi Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, Mercedes. "Kami belum menjajal lintasan basah sama sekali. Lintasan yang sepenuhnya basah belum diuji. Ini bagaikan 'memancing di air keruh'. Sangat menggairahkan," tutur bos Mercedes, Toto Wolff.

"Kami mencoba melakukan beberapa putaran di hari Jumat di atas lintasan basah. Kami akan lihat bagaimana mobilnya bereaksi. Kami terdorong dengan putaran yang terbatas itu. Sepertinya tak ada masalah besar dari kemarin," komentar bos teknis Williams, Paddy Lowe.

Fernando Alonso yang mulai start dari posisi 13, "Kondisi trek campuran akan saya terima, saya akan mencoba meraih kesempatan dari kondisi yang rumit itu. Jika balapan sepenuhnya kering, akan sulit meraih poin dan kami butuh bantuan dari yang lain."

"Namun jika sepenuhnya di lintasan basah, masih akan tetap banyak masalah. Saya rasa lintasan campuran basah dan kering akan menjadi perjudian bagi semuanya. Namun bagi kami, ini peluang untuk menang dan menghasilkan poin dari kondisi seperti itu," pungkasnya.