Formula 1

Bos Red Bull: Verstappen Punya Indra Keenam!

Kamis, 13 April 2017 03:19 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Lars Baron/Getty Images
Max Verstappen memegang trofi setelah finis diurutan ketiga. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Max Verstappen memegang trofi setelah finis diurutan ketiga.

Pada Minggu (09/04/17) lalu, para pembalap Formula 1 telah menyelesaikan balapan Grand Prix China di Shanghai International Circuit. Balapan itu sendiri berhasil dimenangkan oleh pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Selain keberhasilan Hamilton, balapan GP China sendiri menghadirkan cerita lain, yakni kehebatan pembalap muda yang dimiliki Red Bulld, Max Verstappen. Bagaimana tidak, meski memulai balapan dari urutan kedua dari belakang, Verstappen secara mengejutkan mampu meraih podium dengan finish di posisi ketiga.

Dengan catatan sperti itu, tidak heran membuat banyak pihak memuji kegemilangan pembalap berkebangsaan Belanda tersebut. Salah satu pujian pun datang dari bos Red Bull, Christian Horner.

© Dan Istitene/Getty Images
Max Verstappen saat dalam lintasan balap. Copyright: Dan Istitene/Getty ImagesMax Verstappen bisa finis di peringkat tiga saat balapan GP China.

Dikutip dari Motorsport, Horner sangat terkejut dengan performa Verstappen di GP China, yang mampu meraih podium padahal start dari belakang, ditambah kondisi lintasan yang basah akibat hujan.

"Dia nampaknya punya indra keenam saat harus balapan dalam kondisi lintasan basah. Terlihat jelas ia sama sekali tidak merasa terintimidasi dengan kondisi seperti itu dan seperti sudah membaca masa depan dengan segala persiapannya," ungkap Horner.

Lebih lanjut, Horner pun memuji perkembangan yang terus ditunjukkan oleh Verstappen di usianya yang masih 19 tahun. Tanpa ragu, Horner bahkan menyebut Verstappen sudah memiliki kemampuan yang sama dengan pembalap top F1.

© Mark Thompson/Getty Images
Max Verstappen selebrasi setelah berhasil finish diurutan ketiga. Copyright: Mark Thompson/Getty ImagesMax Verstappen disebut bos Red Bull bisa membalap dengan baik bila kondisi lintasan basah karena hujan.

"Saya rasa dia sudah pantas disebut sebagai salah satu pembalap terbaik F1. Menimbang dari kemampuannya saat masih jadi pembalap go karts, Verstappen kini sudah bisa mengembangkan sendiri insting dan feeling yang sesungguhnya," pungkas Horner.

Sedikit informasi, pasca balapan GP China, Verstappen kini berada di peringkat tiga tabel klasemen pembalap F1 musim 2017 dengan catatan 25 poin. Ia berselisih 18 poin dengan Hamilton dan Sebastian Vettel di tempat pertama dan kedua.