Formula 1

Jajal Sirkuit F1, Sean Gelael Pakai Mobil 'Bekas' Pembalap Toro Rosso

Selasa, 18 April 2017 05:50 WIB
Editor: Ramadhan
© F1
Mobil F1 Toro Rosso Copyright: © F1
Mobil F1 Toro Rosso

Mimpi Sean Gelael untuk memacu kecepatan mobil F1 sebentar lagi akan terwujud. Pembalap muda kebanggaan Indonesia itu bakal tampil sebagai test driver atau pembalap penguji bersama salah satu tim jet darat, Toro Rosso.

Tampil untuk pertama kalinya, Sean dikabarkan akan menggunakan mobil yang sebelumnya digunakan oleh pembalap Toro Rosso saat ini, Daniil Kvyat. Mobil STR12 bermesin Renault tersebut bakal dijajal Sean di Sirkuit Sakhir, Bahrain.

“Benar. Saya akan menggunakan mobil Daniil Kvyat. Ada tahapan yang harus saya lakukan sebelum melakukan uji coba mobil Formula 1. Jadwal langsung ketat,” ungkap Sean Gelael.

Sesuai jadwal yang ada, pembalap yang saat ini terjun di balapan Formula 2 ini akan bergabung dengan tim Toro Rosso di Bahrain selama 2 hari hingga Rabu (19/04/17). Untuk hari pertama, Sean bakal melakukan pengenalan terhadap kendaraan yang bakal diuji berikut pendukungnya.

Baru hari berikutnya, Selasa (18/04/17), Sean bakal mencoba mobil STR12 bermesin Renault. Uji coba sendiri bakal dimulai pukul 09.00 waktu setempat. Berdasarkan data yang ada, uji coba baru akan berakhir pada pukul 18.00 WIB. Begitu juga dengan uji coba pada Rabu (19/04/17).

© F1
Caption Copyright: F1Mobil balap Formula 1 (F1) milik tim Toro Rosso di tahun 2017.

Meski kurang sukses pada balapan F2 seri pertama Bahrain, Sean Gelael terlihat bersemangat untuk segera menguji mobil Toro Rosso yang selama ini dia kenal melalui simulator. Anak pasangan Ricardo dan Rini ini bahkan terus melakukan komunikasi dengan manajemen Toro Rosso.

“Siang nanti saya akan bertemu dengan tim Toro Rosso untuk melakukan persiapan. Saya akan menjalankan program sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” sambung pembalap yang baru berusia 20 tahun itu.

Sementara itu orang tuan Sean, Ricardo Gelael mengakatan sejak awal anaknya memang bakal mencoba mobil yang digunakan oleh Daniil Kvyat. Tidak hanya itu, seluruh kru dan mekanik pembalap asal Rusia tersebut akan mendukung penuh dalam uji coba itu.

“Mobil Daniil Kvyat, bukan milik Carlos Sainz Jr. Semuanya menggunakan milik Daniil Kvyat,” katanya dalam perbincangan usai balapan Formula 2 itu.

Tim Toro Rosso merupakan salah satu dari 10 tim yang berlaga dibalapan jet darat musim 2017 ini. Pada balapan seri pertama di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (16/04/17), tim Toro Rosso menempatkan Daniil Kvyat di posisi ke-12 atau tertinggal satu lap dengan sang juara yaitu Sebastian Vettel dari Ferarri.

© Twitter/Tim Jagonya Ayam
Pembalap Pertamina Arden, Sean Gelael saat menjajal mobil di Sirkuit Sakhir. Copyright: Twitter/Tim Jagonya AyamPembalap Pertamina Arden, Sean Gelael saat menjajal mobil F2 di Sirkuit Sakhir.

Hasil kurang beruntung didapat pembalap Toro Rosso lainnya yaitu Carlos Sainz Jr yang gagal finis. Pada uji coba perdana ini, Sean mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih hasil yang terbaik. “Kita harus termotivasi ke sana (uji coba Toro Rosso),” tutup Sean Gelael.