Formula 1

Verstappen Berkata Tak Sopan, Massa: Hati-hati di GP Brasil!

Selasa, 18 April 2017 06:17 WIB
Editor: Ramadhan
© Intenet
Felipe Massa Copyright: © Intenet
Felipe Massa

Felipe Massa memperingatkan Verstappen untuk berhati-hati di GP Brasil nanti karena ia sudah menyinggung masyarakat Negeri Samba lewat perkataan pedasnya.

Massa tak senang dengan sindiran pembalap muda Red Bull, Max Verstappen soal kalimat “orang Brasil” yang diarahkan kepadanya. Massa pun memperingkatkan Verstappen agar berhati-hati saat nanti balapan berlangsung di Sirkuit Interlagos, Brasil.

Rasa tidak senang Massa tersebut muncul usai Verstappen melontarkan kalimat ‘pedas’-nya kepada dirinya. Insiden itu terjadi usai Q3, kala Verstappen mengungkapkan kekecewaannya terhadap Massa yang dianggap mengganggu percobaan terakhirnya di kualifikasi GP Bahrain.

Verstappen sempat merasa dihalangi oleh Massa di lintasan pada hari Sabtu tersebut. Saat diwawancarai oleh awak media, Verstappen menyebut "Oh dia si orang Brasil” kepada Massa.

“Ya bagaimana lagi, dia orang Brasil. Jadi tidak ada yang perlu didiskusikan,” kata Max Verstappen saat ditanya awak media soal insidennya dengan Massa.

© Sky Sports
Caption Copyright: Sky SportsPembalap tim Williams, Felipe Massa.

Pernyataan tak sopan Verstappen itulah yang akhirnya membuat Massa menganggap hal itu tak pantas dilakukan karena tak hanya menyinggung Massa, tetapi juga melukai masyarakat Brasil.

“Saya sudah berbicara dengannya awal hari ini, ‘Hati-hati dengan apa yang Anda ucapkan karena kita masih akan membalap di GP Brasil akhir tahun nanti. Anda akan membalap di sana, jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda ingin ucapkan'," kata Massa kepada stasiun radio Brasil, UOL Esporte.

“Membicarakan orang-orang Brasil tanpa sepenuhnya memahami apa yang kita bicarakan, sudah pasti itu tidak dibenarkan,” lanjut pembalap berusia 35 tahun itu.

Sebenarnya, Massa juga heran dengan kritikan Verstappen yang ditujukan kepada dirinya. Massa merasa tidak pernah melakukan pelanggaran saat menyalip Verstappen di sesi kualifikasi jelang GP Bahrain.

© Mark Thompson/Getty Images
Pembalap andalan Red Bull, Max Verstappen. Copyright: Mark Thompson/Getty ImagesPembalap andalan Red Bull, Max Verstappen.

“Ia tidak tahu apa yang ia bicarakan, karena saya merasa tidak pernah mengganggu dirinya. Mungkin ia mencari alasan mengapa ia bisa kalah dari rekan setimnya, dan ia butuh seseorang untuk disalahkan,” sambung Massa.

Pada gelaran seri ketiga F1 GP Bahrain tersebut, Massa akhirnya sukses finis di posisi keenam. Sementara Verstappen gagal menuntaskan balapan.