Formula 4

Pembalap Muda Indonesia Harumkan Merah Putih di Balapan F4 China 2017

Senin, 24 April 2017 15:13 WIB
Editor: Ramadhan
© Lanjar Wiratri
Pembalap berdarah Ambon, David Sitanala yang bakal turun di F4 pada musim depan. Copyright: © Lanjar Wiratri
Pembalap berdarah Ambon, David Sitanala yang bakal turun di F4 pada musim depan.

Satu lagi pembalap Indonesia yang berhasil mengharumkan nama negara di pentas internasional. David Sitanala, pembalap asal Ambon tampil apik dengan merebut podium dua kali pada balapan pertama dan kedua di seri pertama F4 China 2017 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Zhuhai.

Pada balapan pertama yang berlangsung Sabtu (22/04/17) kemarin, David bahkan langsung berhasil merangsek ke posisi depan balapan hingga akhirnya naik podium ketiga. Hebatnya, pencapaian itu kembali diulang oleh pembalap berusia 17 tahun itu pada balapan setelahnya.

David sendiri berhasil menuntaskan balapan dengan total 10 putaran di balapan pertama. Catatan itu dinilai sangat bagus mengingat David memulai balapan dari posisi ke-9.

Kemudian, pada balapan kedua pada Minggu (23/04/17), David lagi-lagi tampil cukup baik hingga berhasil kembali menginjak podium ketiga pada akhir balapan di Sirkuit Internasional Zhuhai. David menuntaskan balapan di belakang dua pembalap tuan rumah, Charles Leong dan Charles Lin, yang masing-masing finis di urutan pertama dan kedua.

Sayangnya, pencapaian bagus David tak berlanjut pada balapan ketiga masih di seri pertama tersebut yang bergulir Minggu (23/04/17) sore. David tak turun mengaspal lantaran ada masalah listik di mobilnya.

“Saya tidak ambil bagian di race 3 karena ada masalah ECU di mobil saya. Semoga di race berikutnya saya dan team bisa lebih baik!” kata David Sitanala.

Selanjutnya pada balapan seri kedua, David akan kembali bersaing menjadi yang tercepat bersama para pembalap lainnya di Sirkuit Internasional Chengdu, pada 20-21 Mei mendatang.

Pada gelaran F4 China 2017 ini, ada total 7 seri yang akan dilewati David Sitanala. Masing-masing seri akan menggelar tiga balapan.