Formula 4

Harumkan Indonesia di Kancah F4, David Sitanala Disanjung Gubernur Maluku

Rabu, 26 April 2017 09:01 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© twitter@DavidJSitanala
David Sitanala saat meraih podium ketiga di seri pertama Formula 4 2017. Copyright: © twitter@DavidJSitanala
David Sitanala saat meraih podium ketiga di seri pertama Formula 4 2017.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia seperti tidak berhenti menghasilkan pembalap-pembalap mobil berkualitas. Setelah pada 2016 lalu, Rio Haryanto berhasil menjadi pembalap Indonesia pertama yang tampil di Formula 1, kini ada satu lagi pembalap Tanah Air yang berhasil berprestasi di ajang internasional.

Dia adalah pemuda 17 tahun asal Maluku, David Sitanala yang ikut ambil bagian dalam ajang Formula 4 2017. Hebatnya, saat menjalani seri perdana di Sirkuit Internastional Zhuhai, China, David secara mengejutkan mampu dua kali meraih podium dari total tiga balapan yang dipertandingkan.

Catatan gemilang yang ditorehkan oleh David tersebut pun langsung mendapat apresiasi dari Gubernur Maluku, Said Assagaff, saat menerima rombongan David di Ambon pada Senin (24/04/17) lalu.

Kabag Humas Pemprov Maluku, Bobby Palapi, menyebubt Gubernur Said sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh salah satu putra daerahnya.

© twitter@DavidJSitanala
David Sitanala Copyright: twitter@DavidJSitanalaDavid Sitanala meraih podium juara tiga saat balapan seri pertama Formula 4 2017 di China.

"Prestasi ini menginspirasi Pemprov - KONI - Pengprov IMI Maluku untuk melakukan pembinaan intensif kepada pebalap muda daerah ini agar bisa mengikuti jejak David," kata Bobby seperti dikutip dari Antara.

Untuk itu, ia berharap para pemuda-pemuda Maluku lainnya mau belajar dari prestasi David. Sehingga, di masa depan, akan lahir kembali pembalap-pembalap berkualitas dari Maluku.

"Konsistensi ini yang patut diteladani pebalap muda di Maluku sehingga bisa menelorkan David yunior dengan prestasi terbaik agar mengharumkan nama Indonesia di event internasional."

"Kami mengharapkan generasi muda Maluku mengukir prestasi terbaik di tingkat internasional untuk bidang lainnya sehingga turut mengharumkan nama Indonesia," tandas Bobby.