MotoGP Spanyol

Menang di GP Spanyol, Pedrosa Masuk Buku Sejarah Bersama Dua Legenda MotoGP

Senin, 8 Mei 2017 15:11 WIB
Editor: Ramadhan
© Mirco Lazzari gp/Bongarts/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Bongarts/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa membuktikan bahwa dirinya belum habis. Seri keempat MotoGP Spanyol berhasil menjadi panggung pembalap berusia 31 tahun tersebut.

Sejak balapan dimulai, Pedrosa memang langsung tancap gas dan tampil tanpa celah. Di sepanjang balapan, Pedrosa berhasil mengamankan posisi terdepan dan meninggalkan para rivalnya jauh di belakang bahkan hingga balapan selesai.

Pedrosa pun sukses naik podium pertama, disusul rekan setimnya, Marc Marquez di posisi kedua dan pembalap Ducati, Jorge Lorenzo di posisi ketiga. Sayangnya, pencapaian bagus duo Honda tak diikuti duo Yamaha di Sirkuit Jerez tersebut.

Dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales nyaris tampil kurang gereget dan hanya finis masing-masing di posisi ke-10 dan ke-6.

© Twitter/MotoGP
Marc Marquez dan Dani Pedrosa di podium GP Spanyol 2017. Copyright: Twitter/MotoGPMarc Marquez dan Dani Pedrosa di podium GP Spanyol 2017.

Usai menang di MotoGP Spanyol, nama Pedrosa dipastikan masuk dalam catatan sejarah balap motor Grand Prix. Pembalap kelahiran 29 September 1985 itu menjadi pemenang Grand Prix ke-3.000 dan kini sejajar dengan dua legenda MotoGP, Angel Nieto dan Mick Doohan.

Nieto sendiri merupakan pemenang ke-1.000 saat Grand Prix Jerman kelas 500cc di Hockenheim pada 1975 silam. Sementara Doohan tampil sebagai pemenang balapan ke-2.000 yang berlangsung di Jepang pada kelas 500cc di Suzuka musim 1997 lalu.

Podium pertama di MotoGP Spanyol merupakan kemenangan perdana Pedrosa di musim 2017, serta yang pertama sejak terakhir kali naik podium tertinggi di Misano 2016. Pedrosa kini naik ke peringkat keempat dengan torehan 52 poin dalam klasemen sementara, sedangkan posisi puncak klasemen dikuasai Valentino Rossi dengan koleksi 62 poin.