MotoGP

Cegah Stereotip, Umbrella Girl MotoGP Catalunya Mau Dilarang?

Jumat, 12 Mei 2017 08:45 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Sebuah partai politik di Catalunya, Iniciativa per Catalunya Verds (ICV), membuat proposal untuk membuat beberapa kebijakan terkait keberadaan grid girl atau yang sering disebut umbrella girl pada balapan di Sirkuit Barcelona mendatang.

Berdasarkan kabar yang dilansir Motorsport, ICV tak meminta untuk melarang penuh adanya umbrella girl, tetapi ingin menerapkan beberapa kebijakan terutama kode berpakaian dan normalisasi gender dengan penambahan grid boys.

ICV berharap kebijakan ini tak hanya berlaku di balapan yang berlangsung di Sirkuit Barcelona, tetapi juga di balapan Formula 1 GP Spanyol mendatang.

"Peran gadis payung saat ini di Sirkuit Catalunya tak cocok dengan abad ke-21, dari masyarakat yang bertujuan modern dan egaliter," ungkap juru bicara ICV, Jordi Manils, kepada stasiun radio Cadena Ser Catalunya.

"Apa yang dilakukan gadis payung adalah mengobjektifikasi perempuan, menjadikan perempuan hanya sebagai objek dan ornamen dari situasi tersebut," lanjutnya.

© Internet
Umbrella Girl MotoGP 2016 Copyright: InternetUmbrella Girl MotoGP 2016.

Sebelumnya, partai Ganemos Jerez juga pernah mengajukan larangan penuh adanya gadis payung saat balapan GP Spanyol. Namun proposal tersebut ditolak. Kini belum bisa dipastikan apakah proposal ICV bisa dikabulkan oleh pemerintah Kota Montello, mengingat mereka harus mendorong Dorna sebagai penyelenggara MotoGP terkait permohonan ini.

ICV sendiri menyatakan bahwa umbrella girl menunjukkan adanya sebuh stereotip, yakni memanfaatkan perempuan hanya sebagai objek seksual.