MotoGP

Palembang dan Lido Jadi Calon Tuan Rumah MotoGP 2018?

Sabtu, 20 Mei 2017 18:30 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Ilustrasi MotoGP di Sirkuit Jakabaring. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Ilustrasi MotoGP di Sirkuit Jakabaring.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memberikan surat rekomendasi kepada sebuah perusahaan properti Tanah Air yang bekerja sama dengan Organisasi Donald Trump, untuk membangun sebuah sirkuit balap di kawasan Lido, Jawa Barat. Perusahaan properti yang berencana membangun sirkuit di kawasan Lido tak lain merupakan milik dari salah satu konglomerat Indonesia, Hary Tanoesoedibjo.

Lido menjadi alternatif, selain Palembang, dengan sirkuit di kawasan Jakabaring yang digadang-gadang nyaris siap menjadi tuan rumah MotoGP pada November 2018 mendatang. Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, menyebut jika kedua sirkuit tersebut memenuhi kualifikasi tuan rumah MotoGP, bukan tak mungkin Indonesia memiliki kesempatan menggelar dua seri ajang balap bergengsi tersebut di 2018.

"Pak Alex Noerdin (Gubernur Sumatera Selatan) mempersilakan Lido (jika ingin menggelar MotoGP), beberapa waktu yang lalu kita sudah keluarkan rekomendasi. Kalau di Mandalika sudah siap 2018 ya itu asyik juga seperti di negara Eropa itu kan bisa beberapa seri dalam satu tahun, why not?" ujar Gatot.

© internet
Caption Copyright: internetDesain Sirkuit Jakabaring.

Gatot menyebut jika MotoGP menjadi salah satu ajang yang diminati oleh banyak sponsor Tanah Air mengingat popularitas ajang yang membesarkan nama pembalap Valentino Rossi tersebut. Dibanding Formula 1 (F1), ajang MotoGP memang lebih diminati di Tanah Air.

"Saya sampaikan lebih mudah untuk mencari sponsor untuk MotoGP. Karena, pernah pengalaman saya menemui pihak Kementerian Pariwisata dan mereka tanya untuk MotoGP kapan akan digelar, saya sudah sampaikan ke Pak Alex kalau ingin cari sponsor ketemu dengan Pak ini," tambahnya.

Sebagai informasi, Gatot telah menjalin pembicaraan dengan Alex Noerdin untuk menanyakan kesiapan Palembang menggelar event MotoGP 2018. Alex mengklaim kota yang identik dengan makanan khas pempek tersebut siap menggelar ajang MotoGP tahun depan.

"Saya sempat bicara dengan Pak Alex soal MotoGP, saya tanya serius gak sih Bapak? Pak Alex bilang dia serius dan berani mengatakan hampir 95 persen jalan," ujar Gatot saat ditemui di Wisma Menpora, Jumat (19/05/17).