MXGP

Setelah MotoGP, Sumsel Segera Bangun Sirkuit MXGP

Kamis, 1 Juni 2017 16:09 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin, telah mengklaim diri sebagai yang paling siap untuk membangun sirkuit demi menjadi tuan rumah MotoGP. Alex mengatakan, proyek MotoGP sudah dipastikan 95 persen berjalan.

Selain itu, Sumsel juga berminat menjadi penyelenggara Grand Prix Motocross (MXGP). Untuk itu, saat ini tengah dilakukan sejumlah persiapan untuk membangun sirkuit motocross bertaraf internasional untuk menyelenggarakan kejuaraan motocross paling bergengsi tersebut.

"Ada dua opsi yang bisa dijadikan sirkuit motocross, antara kawasan Lanud TNI dan juga kawasan Jakabaring. Tapi ini masih menunggu persetujuan gubernur," kata Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Indonesia Off-Road Federation Sumsel, Saifudin Aswari Rivai dikutip Sumatera Deadline.

© Twitter Imam Nahrawi
Pembalap Crosser sedang beraksi di Pangkalpinang. Copyright: Twitter Imam NahrawiCrosser sedang beraksi di MXGP 2017 di Pangkalpinang.

Menurut Aswari, pihaknya telah melalukan peninjauan lokasi yang akan dibangun sirkuit. Ia berharap gubernur dapat segera memberi persetujuan agar pembangunan dapat segera dilakukan. 

"Mudah-mudahan ada lampu hijau dari gubernur sehingga bisa dilaksanakan sebelum Asian Games," ujarnya. 

Pada 2017 lalu, Indonesia juga menjadi tuan rumah salah satu seri MXGP. Saat itu, Pangkalpinang menjadi lokasi terselenggaranya ajang motocross kasta tertinggi dunia tersebut.