Formula 1

Dikritik Hamilton karena Turun Kasta, Ini Jawaban Pedas Alonso

Senin, 5 Juni 2017 15:39 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso. Copyright: © Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso.

Fernando Alonso tak setuju dengan adanya anggapan bahwa ia membuat keputusan salah dengan melewatkan balapan paling bergengsi di Formula 1 untuk menjajal event Indy 500.

Malangnya, ia juga gagal berbicara banyak di ajang tersebut, lagi-lagi karena masalah klasik yakni mobilnya yang mengalami kegagalan mesin. Ia pun keluar dari balapan dengan menyisakan 21 putaran lagi.

© Jared C. Tilton/Getty Imag
Fernando Alonso keluar dari mobilnya tangah mengalami kecelakaan. Copyright: Jared C. Tilton/Getty ImagFernando Alonso keluar dari mobilnya saat mengalami masalah di balapan Indy 500.

"Prioritas pertama saya adalah Formula 1 dan memenangkan kejuaraan dunia ketiga saya. Prioritas kedua adalah menikmati pengalaman di Indy 500 dan saya telah melakoninya," tegas pembalap Spanyol ini kepada Daily Mail.

Baca Juga

Alonso pun menegaskan ia masih senang di Formula 1, hanya saja ia merasa rindu untuk bersaing kompetitif. "Saya senang kecuali satu hal, yakni rasa kompetitif. Itu satu-satunya yang Anda harapkan sebagai pembalap dan rasanya frustrasi saat Anda tak bisa mendapatkannya."

Sebelumnya, Lewis Hamilton menyindir kiprah Fernando Alonso yang melewatkan GP Monaco demi turun di ajang Indy 500. Pekan lalu, juara dunia tiga kali Formula 1 itu berbicara kepada L'Equipe yang dinilai meremehkan kualitas Alonso.

"Saya melihatnya saat itu dan jujur saja, untuk pertama kalinya kualifikasi, Fernando di posisi kelima, apa artinya balapan Indy?," ucap Hamilton.

Namun Alonso tak mau ambil pusing, karena ia tetap dihormati meski berlaga di ajang kasta bawah tersebut.

"Saya membaca bahwa orang-orang sedih. Mereka ingin melihat saya di depan dan lebih banyak menang. Namun saat saya ke Indy, semuanya sangat berbeda dan orang-orang masih menghormati saya. Mereka berharap sesuatu terjadi di lintasan," tegas Alonso.

© wtf1.com
Fernando Alonso Copyright: wtf1.comFernando Alonso dengan seragam Indy 500.

"Saya berpindah dari tim satu ke yang lainnya karena itu terasa tepat di hati saya. Dan jika Anda kembali 17 atau 18 tahun silam, saya sedang berkeliling dengan mobil van ayah saya untuk pergi ke balapan go-kart di Italia. Saya bisa saja bekerja di supermarket di Oviedo. Namun sekarang saya datang ke Amerika dan orang-orang mengikuti saya ke mana pun," urai pembalap 35 tahun ini menegaskan.

© Formula 1
Fernando Alonso menang GP Spanyol 2013. Copyright: Formula 1Fernando Alonso menang GP Spanyol 2013.

"Saya tak setuju dengan omongan 'Memalukan sekali, Alonso seharusnya melakukan ini atau itu'. Saya sudah memenangkan 97 podium dan dua kejuaraan dunia. Saya rasa saya baik-baik saja."

© Indicar
Fernando Alonso menerima penghargaan Rookie of the Year. Copyright: IndicarFernando Alonso menerima penghargaan Rookie of the Year di ajang Indy 500.

Alonso akan kembali membalap dengan mobil MCL32-nya pada Grand Prix Kanada yang berlangsung 9 hingga 11 Juni mendatang di Sirkuit Gilles-Villeneuve. Ia tercatat pernah memenangkan balapan ini pada 2006.