Formula 1

Tim F1 Asal China, Jalan Kembali Rio Haryanto?

Kamis, 22 Juni 2017 12:26 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Sebuah tim asal China dikabarkan tengah bersiap untuk bersaing dalam kompetisi balap Formula 1. Tim tersebut disebut-sebut berada di bawah perusahaan China F1 Racing Team Limited yang sebelumnya merupakan perusahaan Eropa-Amerika, bernama Bronze Fortune Limited.

Presiden Federasi Automobil Internasional (FIA), Jean Todt mengakui rumor tersebut. Hanya saja, ia belum mau merinci lebih detail terkait China F1 Racing Team.

© Dan Istitene via Getty Images
Para pembalap F1 bersiap menjalani balapan GP Austria. Copyright: Dan Istitene via Getty ImagesPara pembalap F1 bersiap menjalani balapan GP Austria 2016.

"Memang ada sejumlah tim yang tertarik bergabung, namun kami akan membukanya jika waktunya sudah tepat," kata Todt dilansir Speed Cafe.

Baca juga: 

Ia menuturkan, FIA memang berharap kompetisi balap Formula 1 ini akan diikuti 12 tim. Adapun saat ini, terdapat 10 tim yang berkompetisi dalam balapan jet darat ini.

© Clive Mason via Getty Images
Para pembalap F1 di ajang GP China 2014. Copyright: Clive Mason  via Getty ImagesPara pembalap F1 di ajang GP China 2014.

Namun Todt mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu memastikan apakah tim-tim tersebut memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk bersaing di kompetisi balap mobil paling bergengsi ini. Sebelumnya, tim balap Manor Racing Team, yang pernah dibela pembalap nasional Rio Haryanto, gulung tikar karena kekurangan dana.

"Kami akan lakukan audit terhadap tim tersebut, apakah berasal dari manufaktur besar atau perusahaan pribadi. Jika memang benar-benar berniat bergabung dan memiliki kapasitas untuk melakukannya, kita akan beri kemudahan," ucap Todt.

© Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto saat masih memperkuat Manor Racing musim lalu. Copyright: Charles Coates/Getty ImagesRio Haryanto saat masih memperkuat Manor Racing musim lalu.

Jika rumor ini benar terjadi, Rio Haryanto berpeluang kembali ke lintasan bersama China F1 Racing Team ini. Rio merupakan pembalap Asia pertama dan satu-satunya, saat ini, yang pernah mengaspal di lintasan F1. Ia juga memiliki darah turunan China yang berasal dari ayahnya. Mungkinkah dua hal tersebut menjadi pertimbangan China F1 Racing Team nantinya?