MotoGP

Waduh! Motor Iannone Ditendang Petugas Balapan

Selasa, 4 Juli 2017 21:14 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© BT Sport
Motor Iannone ditendang oleh petugas balapan MotoGP Jerman 2017. Copyright: © BT Sport
Motor Iannone ditendang oleh petugas balapan MotoGP Jerman 2017.

Minggu (02/07/17) kemarin, para penunggang kuda besi terbaik dunia baru saja menyelesaikan balapan seri kesembilan di musim 2017, yakni MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring.

Dalam balapan itu sendiri, nasib malang harus dirasakan pembalap asal Italia yang memperkuat tim Suzuki, Andrea Iannone. Menjelang putaran-putaran akhir, mantan pembalap Ducati itu harus terjatuh ke luar lintasan.

Baca Juga

Saat melalui salah satu dari 14 tikungan di Sirkuit Sachsenring, Iannone gagal mengendalikan keseimbangan motornya hingga terperosok hingga menuju gravel yang berada di pinggir lintasan.

Saking kerasnya insiden yang menimpa rekan senegara Valentino Rossi itu, ia sampai terguling-guling. Tidak hanya Iannone, motor Suzuki GSX-RR yang dikendarai juga ikut terguling-guling sebelum kemudian berhenti dalam posisi terbalik.

© BT Sport
Andrea Iannone pembalap motogp asal Itali terjatuh. Copyright: BT SportSituasi saat Iannone terjatuh di Sirkuit Sachsenring.

Di sinilah sebuah kejadian unik dilakukan oleh petugas balapan yang berada di pinggir lintasan. Sejumlah petugas berseragam oranye itu beberapa ada yang mendatangi Iannone untuk memastikan ia dalam keadaan baik-baik saja.

Sebagian lainnya, bergegas menuju motor Iannone yang berada di jauh, guna melihat apakah motor tersebut dalam keadaan bagus untuk melanjutkan balapan.

Namun, alih-alih bekerja sama untuk membalikkan motor Iannone tersebut, salah satu petugas justru menendang bagian depan motor, sehingga terjatuh ke tanah dengan posisi sebelah kiri menyentuh permukaan gravel.

Tentu saja hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan. Pasalnya, bagian bawah motor tengah dalam kondisi panas, sehingga bisa berbahaya bila dibalikkan menggunakan tangan.

© BT Sport
Andrea Iannone pembalap motogp asal Itali terjatuh. Copyright: BT SportIannone ditolong oleh sejumlah petugas balapan.

Terlepas dari kejadian itu, kegagalan meraih poin dalam balapan MotoGP Jerman tersebut membuat posisi Iannone saat ini masih bercokol di papan tengah, tepatnya peringkat ke-16 dengan koleksi 28 poin dari sembilan balapan.