Junior World Championship

Dua Pembalap Indonesia Tembus 10 Besar Junior World Championship di Valencia

Senin, 10 Juli 2017 06:49 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© prensasport.com
Junior World Championship. Copyright: © prensasport.com
Junior World Championship.

Dua pembalap Indonesia yang tergabung dalam tim Astra Honda Racing Team, Dimas Ekky dan Andi Gilang raih prestasi apik di ajang balapan internasional. Keduanya berhasil menembus 10 besar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Dimas Ekky menempati posisi ke-14 dan ke-6 di kejuaraan Moto2 Eropa, sementara Andi Gilang finis ke-7 dan ke-14 di ajang Moto3 Junior World Championship.

Bendera merah dikibarkan di kelas Moto2 saat balapan baru berlangsung 2 lap, hal ini disebabkan adanya ceceran oli di lintasan akibat beberapa pebalap yang terjatuh. Saat balapan dihentikan, Dimas Ekky berada di posisi ke-7. Ketika balapan diulang, Dimas langsung melejit ke urutan 5. Sayang sekali, perjuangan Dimas untuk merebut podium harus terhenti karena terjatuh di tikungan ke-12 di lap 4. Dimas masih berjuang melanjutkan lomba dan berhasil finis ke-14.

© prensasport.com
Andi Gilang. Copyright: prensasport.comAndi Gilang (nomor 34).

Baca juga:

Di race kedua, Dimas kembali merangsak di grup depan, bersaing dengan tiga pebalap untuk meraih posisi ke-4 dan memimpin di grup ini. Tapi kemudian harus turun ke posisi ke-7, dengan hanya tersisa 2 lap, Dimas berhasil memperbaiki posisi dan finis ke-6.

"Sungguh Minggu yang sangat berat. Di race pertama saya yakin bisa meraih posisi 5 besar, tapi ban depan tergelincir dan saya terjatuh –akhirnya finis ke-14. Di race kedua saya bertahan di posisi ke-4 di lap-lap awal dan saya berjuang untuk bisa masuk ke grup terdepan, meski ban terus sliding dan buritan motor kerap keluar dari lintasan. Saya terus berkonsentrasi untuk menyelesaikan balap dengan hasil yang bagus. Saya ucapkan terima kasih kepada tim atas kerja keras mereka dalam menyiapkan motor dan selalu memberi dukungan padaku. Kami terus berjuang untuk hasil yang lebih bagus di Estoril, saya rasa hal ini sangat mungkin diwujudkan dan saya sudah tak sabar menghadapi balapan berikutnya," kata Dimas Ekky.

© prensasport.com
Aksi Dimas Ekky di Sirkuit Ricardo Tormo. Copyright: prensasport.comAksi Dimas Ekky di Sirkuit Ricardo Tormo.

Di race pertama ajang Moto3 Junior World Championship, Andi Gilang berjibaku di grup kedua bersama 11 pebalap. Andi Gilang konsisten berada di urutan 10 besar, mampu mempertahankan kecepatannya dan akhirnya finis ke-7.

Begitupun di race kedua, pebalap Astra Honda Racing Team ini termasuk 10 pebalap tercepat dan berebut posisi ke-6. Dengan kecepatan yang luar biasa, Andi berjuang merebut posisi ke-5, tapi terjatuh di tikungan ke-14 ketika sudah berada di 6 besar. Dengan susah payah, Andi Gilang kembali ke lintasan dan finis ke-14.

© prensasport.com
Dimas Ekky. Copyright: prensasport.comDimas Ekky.

"Saya mempunyai feeling yang bagus sejak Kamis hingga race terakhir hari ini, dan saya merasa semuanya berjalan baik. Di race pertama, saya start kurang bagus, tapi saya bisa bertahan di grup kedua dan finis ke-7. Di race kedua saya bisa meningkatkan kecepatan dan optimis merebut posisi 5 besar, tapi saya terjatuh di tikungan terakhir di 4 lap yang tersisa. Secara keseluruhan, ini adalah pekan yang istimewa bagi saya; kami akan terus berusaha lebih keras untuk menghadapi putaran berikutnya di Portugal," ujar Andi Gilang.

© prensasport.com
Situasi balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Copyright: prensasport.comSituasi balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Andi Gilang tetap di posisi ke-14 di klasemen pebalap Moto3 Junior World Championship dengan 22 poin. Dimas Ekky urutan ke-6 dengan perolehan 49 poin di kelas Moto2 Kejuaraan Eropa. Setelah paruh musim balap ini, masih ada satu lagi balapan yang dihelat sebelum liburan musim panas.

Balapan FIM CEV berikutnya akan digelar di Sirkuit Estoril, Portugal pada tanggal 22-23 Juli mendatang.