Formula 1

Hamilton Masih Jadi Raja di GP Inggris

Minggu, 16 Juli 2017 21:13 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Hasil sempurna berhasil diraih pembalap Mercedes, Lewis Hamilton kala berlaga di kampung halamannya sendiri, yakni GP Inggris di Sirkuit Silverstone pada Minggu (16/07/17).

Pria kelahiran 7 Januari 1985 tersebut mampu menjadi yang tercepat mengasapi rekan satu timnya, Valtteri Bottas di urutan kedua dan pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen di urutan ketiga.

Baca Juga

Jalannya Balapan

Hamilton yang sukses merebut pole position di babak kualifikasi pada Sabtu (15/07/17) kemarin, memulai balapan dengan baik. Teman dekat Serena Williams tersebut mampu memacu kecepatan mobilnya hingga menjadi yang terdepan.

Di tempat yang sama, nasib buruk justru dialami pembalap Inggris lainnya yang memperkuat Renault, Jolyon Palmer. Saat balapan belum dimulai, mobil yang dikendarainya mengalami kerusakan pada bagian hydraulic dan membuatnya sudah tersingkir dari balapan lebih dulu.

Pada putaran kedua, giliran Carlos Sainz dari tim Toro Rosso yang harus mengakhiri balapan lebih cepat setelah mengalami insiden tabrakan dengan rekan satu timnya, Daniil Kvyat. Beruntung bagi Kvyat, mobilnya tidak mengalami kerusakan serius sehingga masih bisa melanjutkan balapan.

Setelah melewati hampir setengah balapan, tepatnya pada putaran ke-34, nasib sial menimpa mantan juara dunia asal Spanyol, Fernando Alonso. Mobil McLaren yang dikendarainya memiliki masalah pada bagian power, yang notabene membuatnya menambah catatan buruk sepanjang musim 2017 dengan tujuh kali tidak bisa menyentuh garis finis.

Di garis depan, Hamilton yang perkasa dengan konsentrasi tinggi terus menjaga posisinya di urutan pertama. Kerja kerasnya tersebut pun membuahkan hasil dengan resmi berstatus sebagai pemenang GP Inggris 2017.

Hasil di GP 2017 ini merupakan kali keempat secara berturut-turut berhasil merebut gelar juara. Ya, sebelumnya Hamilton jugalah yang menjuarai GP Inggris 2014, 2015, dan 2016.

Dengan hasil balapan GP Inggris 2017 tersebut, Hamilton kini hanya berselisih satu poin saja dengan Sebastian Vettel, yang secara mengejutkan hanya bisa finis di urutan ketujuh.

Hamilton tercatat sudah mengoleksi 176 poin dari 10 balapan, sedangkan Vettel masih bisa berbangga diri dengan status pemuncak klasemen dengan torehan 177 poin.