Trik Anti Jatuh Pembalap Ini Harus Ditiru Rossi dan Marquez

Rabu, 30 Agustus 2017 17:19 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Joko Sedayu
© Getty Images
Anthony West punya trik unik agar tidak terjatuh dari motor ketika berlomba. Copyright: © Getty Images
Anthony West punya trik unik agar tidak terjatuh dari motor ketika berlomba.

Pembalap Australia, Anthony West, bisa jadi inspirasi di lintasan bagi bintang balap dunia lainnya seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez. 

Coba tengok asli penyelamatan diri West ketika tubuhnya nyaris terlempar dari motor ketika ia bersenggolan dengan pembalap lainnya, John Hayes. 

Insiden tersebut terjadi ketika dirinya tengah menjalani laga seri kedelapan MotoAmerica Bazzaz Superstock 100 di Pittsburgh International Raceway, akhir pekan kemarin.

Alih-alih menolak untuk jatuh dari motornya, West justru berada dalam posisi menyeimbangkan diri untuk berdiri samping motor yang masih berjalan, dengan kedua tangan yang masih memegang kendali motor.

Terlihat sejumlah pembalap dibelakangnya melaju hati-hati untuk menghindari West yang akhirnya menepi.

Mantan pembalap Kawasaki di ajang MotoGP tahun 2008 itu pun mengunggah rekaman dan foto aksi heroik penyelamatan dirinya sendiri ke akun Instagram pribadinya.

"Penyelematan terbaik yang pernah saya buat," tulisnya dalam video yang ia unggah. "Ya, kepala saya nyaris mencium plat nomor @joshhaves4. Ada goncangan besar pada lintasan bukit di Pittsburgh ini."

Ia pun juga turut menunjukkan adanya dua bekas berwarna hitam yang ditinggalkan bannya di atas trek. 

Pria kelahiran 1981 itu mengaku bahwa dirinya dalam keadaan selamat pasca insiden tersebut. Namun ia mengalami beberapa memar dan sakit di tangannya. 

"Tetap sakit. Saya mengalami sejumlah memar dan sakit di tangan. Itu lebih baik daripada harus mengalami kecelakaan," katanya lagi di sana.

Rupanya, bukan hanya memar yang ia terima. Terseret motornya sendiri dengan kecepatan cukup tinggi dan dalam posisi berdiri membuat sepatunya rusak. 

 

That's not a save, this is a save. @antwest13 went for a wild ride yesterday. #motoamerica

A post shared by MotoAmerica (@motoamerica) on

Video rekaman tersebut awalnya diunggah oleh Moto America lewat akun resmi Instagram-nya. "Itu bukan sebuah keselamatan, ini sebuah penyelamatan @antwest13 berkendara cukup liar kemarin," tulisnya di sana.

1