Formula 1

Menurut Ricciardo, Verstappen Lebih Jago dari Vettel

Jumat, 22 September 2017 22:59 WIB
Penulis: Rizal | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Di balapan terakhir, GP Singapura, Minggu (17/09/17), Verstappen gagal finis usai terlibat insiden di lap pertama dengan duo Ferrari, Vettel dan Kimi Raikkonen.

Ricciardo sadar benar dengan kualitas kedua pembalap. Pria Australia itu pernah menjadi rekan satu tim Vettel di musim 2014, dan sejak 2016 menjadi rekan satu tim Verstappen.

"Saya bukannya meremehkan Vettel. Dia adalah pembalap tangguh, dan sekarang masih saya anggap hebat," ucap Ricciardo seperti dilansir Eurosport.com.

"Akan tetapi, menurut saya Verstappen adalah rekan satu tim yang lebih tangguh. Saya harap dia mengatakan hal yang sama tentang saya," ujar pembalap berusia 28 tahun itu.

© metro.co.uk
Duo pembalap Ferrari, Vettel dan Raikkonen saling bertabrakan di GP Singapura Copyright: metro.co.ukDuo pembalap Ferrari, Vettel dan Raikkonen saling bertabrakan di GP Singapura

Ricciardo dan Vettel pernah menjadi rekanan pada musim 2014. Saat itu, meski berstatus sebagai pembalap kedua, Ricciardo sukses mencundangi Vettel yang notabene meraih empat gelar juara dunia bersama tim berlogo Banteng Merah itu.

Ricciardo sukses mengumpulkan 238 poin, sementara Vettel hanya mengumpulkan 167 poin. Tak ingin kehilangan statusnya sebagai pebalap utama, Vettel pindah ke Ferrari di musim 2015.

Verstappen resmi menjadi rekan setim Ricciardo di musim 2016, menggantikan Daniil Kvyat. Musim ini, Ricciardo masih unggul atas Verstappen dalam hal pengumpulan poin, yakni 162 berbanding 68.

© skysports.com
Pasangan pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen berpose bersama Serena Williams. Copyright: skysports.comPasangan pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen berpose bersama Serena Williams.

Ricciardo sendiri pernah menjadi korban gaya mengemudi Verstappen yang kerap dianggap ugal-ugalan. Kedua pembalap pernah gagal finis lantaran bertabrakan di GP Hungaria tahun ini.

Meski demikian, Ricciardo mengaku sudah move on.

"Dia telah meminta maaf layaknya pria sejati. Kami duduk dan berhadapan secara personal, dan kami sudah melupakan segalanya."

Usai balapan GP Singapura, Ricciardo masih menempati posisi empat klasemen sementara. Sementara itu, Verstappen ada di posisi enam. Klasemen sementara masih diduduki oleh pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang sukses mengumpulkan 263 poin, unggul 28 poin dari Vettel di posisi kedua.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Sepang, GP Malaysia, 1 Oktober mendatang.