MotoGP

Gagal Hadirkan MotoGP, Begini Peliknya Masalah Finlandia

Jumat, 5 Januari 2018 14:06 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Karena mengalami kendala keuangan, kesempatan Finlandia untuk menjadi tuan rumah ajang balap motor bergengsi dunia itu pun mesti terhambat. Sebelumnya, Finlandia sendiri telah teken kesepakatan dengan Dorna pada pertengahan tahun lalu. MotoGP 2019 di Finlandia sendiri rencananya akan digelar di Kymi Ring.

© kouvolansanomat
Kymi Ring, Finlandia Copyright: kouvolansanomatKymi Ring, Finlandia

Seperti dilansir Kouvolansanomat, Pengadilan Administratif Finlandia Timur membatalkan keputusan Dewan Kota Kouvola untuk memberikan pinjaman modal sebesar 2 juta euro sebagai tambahan dana untuk menjadikan Kymi Ring sebagai pusat balap motor di negara tersebut.

Menurut Pengadilan Administratif Finlandia Timur, penerbitan pinjaman modal sebesar lebih dari 32 miliar rupiah itu tanpa agunan, sehingga cukup memberi banyak risiko keuangan bagi perekenomian kota. Dewan Kota Kouvola sendiri sebelumnya memberikan pinjaman subordinasi 2 juta euro dalam pembangunan Kymi Ring pada bulan September 2016.

Jika memang terpaksa ada tambahan seri, Dorna dikabarkan akan mendahulukan kawasan Asia. Indonesia menjadi negara yang namanya sempat santar terdengar akan menggantikan Finlandia yang tengah menghadapi kendala penyelenggaran MotoGP musim depan. 

Indonesia menjadi salah satu yang disebutkan oleh Dorna karena melihat pasar industri motor di kawasan Asia Tenggara terbilang cukup tinggi. Hal itu membuat Indonesia masuk dalam daftar kandidat yang cukup kuat untuk dipilih oleh tim pabrikan maupun sponsor. 

© Internet
Sirkuit MotoGP Jakabaring Dibangun 2017 Copyright: InternetSirkuit MotoGP Jakabaring Dibangun 2017

Hingga kini, kabar terakhir soal penyelenggaraan MotoGP di Indonesia masih terus menjadi perbincangan. Pemerintah telah mengajukan proposal ke Dorna, yang dibarengi dengan pembangunan Sirkuit Jakabaring. Sirkuit ini didesain oleh perancang sirkuit ternama, Hermann Tilke, dan dijadwalkan sudah bisa digunakan pada 2019 nanti.