MotoGP

Menerawang Kembali 10 Helm Unik yang Pernah Lindungi Kepala Valentino Rossi

Sabtu, 17 Maret 2018 14:28 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© au.eurosport.com
Valentino Rossi. Copyright: © au.eurosport.com
Valentino Rossi.

Bagi seorang pengendara motor, helm adalah perangkat penting yang wajib mereka gunakan saat berkendara. Bukan tanpa sebab memang, mengingat helm bisa melindungi kepala penggunanya bila terjatuh ke aspal.

Hal serupa juga berlaku para penunggan kuda besi di kompetisi balap MotoGP. Tanpa keberadaan helm, seorang pembalap tentunya bisa terancam kehilangan nyawa dan juga kesulitan untuk melihat lintasan karena terpaan angin akibat laju kencang kendaraannya.

Namun bagi sebagian pembalap, helm memiliki tak sekadar hanya alat keselamatan belaka. Helm juga bisa mereka jadikan sarana untuk berekspresi dengan cara menghiasnya.

Nah, salah satu pembalap yang sering kali menggunakan helm dengan hiasan-hiasan unik adalah Valentino Rossi. Pembalap berjuluk The Doctor hampir di setiap kesempatan merubah desain helmnya.

Masing-masing helm itu sendiri diberi nama oleh pembalap asal Italia tersebut. Selain itu, setiap desain helm yang dikenakan oleh Rossi juga memiliki arti mendalam.

Berikut INDOSPORT coba sajikan kembali helm-helm dengan desain unik yang pernah dikenakan oleh Rossi saat memacu kecepatan di atas aspal lintasan:

1. Saat menjalani Winter Test 2015 di Sirkuit Sepang Malaysia, Rossi mengenakan helm yang didominasi warna kuning. Motif helm itu sendiri seperti corak yang biasa ditemui di syall musim dingin.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi pada GP tes Sepang 2015. Copyright: INDOSPORT

2. Di antara desain helm yang pernah dikenakan Rossi, mungkin tidak ada yang lebih nyeleneh dari Double Face. Helm yang ia gunakan di Sepang 2014 lalu ini memiliki gambar bagian mata Rossi di belakangnya, sehingga membuat seolah-olah Rossi memiliki dua wajah.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi pada tes GP Sepang 2014. Copyright: INDOSPORT

3. Tampil di MotoGP Amerika Serikat 2010, Rossi mengenakan sebuah helm yang desainnya terdiri dari kumpulan foto-foto orang. Ternyata orang-orang tersebut adalah penggemar Rossi yang beruntung bisa dipajang di helm bertajuk The Faces tersebut.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi GP Amerika Serikat 2010. Copyright: INDOSPORT

4. Terinsipirasi dari judul lagu Pink Floyd, Rossi mendesain helm 'Wish You Were Here' saat menjajal motoGP San Marino. Helm itu sendiri ia dedikasikan untung mendian Marco Simoncelli di Sirkuit Sepang.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi GP San Marino 2013. Copyright: INDOSPORT

5. Seorang komikus asal Italia, Milo Manara mendapat kehormatan untuk mendesain helm yang digunakan Rossi di MotoGP Italia 2006 lalu. Helm itu pun didesain Milo dengan nuansa komik dan tambahan tampilang belakang seorang wanita yang telanjang.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi GP Italia 2006. Copyright: INDOSPORT

6. Pada 2012 lalu, Rossi memiliki helm yang desainnya adalah gambar kartun wajah dirinya yang terlihat bonyok dan banyak luka. Gambar itu sendiri seperti menceritakan kondisi Rossi yang terseok-seok saat menjadi pembalap Ducati.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi GP San Marino 2012. Copyright: INDOSPORT

7. Saat mengikuti test di Jerez pada 2009 lalu, Rossi merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Untuk itu, ia pun menggunakan helm yang di desain dengan nuansa kue ulang tahun.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi spesial ulang tahun pada Tes GP Jerez 2009. Copyright: INDOSPORT

8. Pada balapan MotoGP Misano 2009 lalu, Rossi tampil dengan helm yang pada bagian depannya terdapat karakter keledai dari film kartun Shrek. Dijelaskan oleh Rossi, ia menggunakan gambar keledai karena merasa bodoh sudah melakukan kesalahan di seri sebelumnya.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi San Marino 2009. Copyright: INDOSPORT

9. Sebuah mata biru besar terpampang di bagian atas helm putih Rossi saat menjalani MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 2011 lalu. Desain itu sendiri ditujukan untuk para pesaing Rossi bahwa The Doctor akan menampilkan performa terbaiknya.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi GP Italia 2011. Copyright: INDOSPORT

10. Rossi bisa dibilang sangat bangga dengan wajah yang ia miliki. Terbukti berkali-kali ia memasang wajahnya ke desain helm yang ia gunakan. Contohnya seperti di MotoGP Italia 2008 lalu.

© INDOSPORT
Helm Valentino Rossi GP Italia 2008. Copyright: INDOSPORT