Formula 1

Jika Ferrari Gagal Juara, Sosok Ini Siap Bertanggung Jawab

Kamis, 20 September 2018 15:24 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dan Istitene/Getty Images
Pembalap Ferrari ketika sedang melaju di lintasan balap. Copyright: © Dan Istitene/Getty Images
Pembalap Ferrari ketika sedang melaju di lintasan balap.

INDOSPORT.COM - Kepala Tim Ferrari, Maurizio Arrivabene, mengaku siap bertanggung jawab jika Ferrari gagal menjadi juara pada musim 2018 ini. Sebastian Vettel sendiri saat ini tertinggal 40 poin di belakang Lewis Hamilton dan Ferrari tertinggal 37 poin dari Mercedes di klasemen konstruktor.

Arrivabene memastikan bahwa jika memang ada hal yang harus dipertanggungjawabkan, ia siap menanggung segalanya.

“Ketika hasilnya tidak sesuai itu adalah tanggung jawab saya, bukan tanggung jawab Sebastian (Vettel), para insinyur atau para mekanik. Jika Anda membutuhkan seseorang untuk disalahkan, dia sudah ada di depan Anda,” kata Arrivabene pada awak media seperti dikutip dari F1i.

Arrivabene dan Ferrari sempat mendapat kritik tajam lantaran dinilai salah menetapkan strategi saat GP Singapura. Selain itu, strategi pit stop yang kurang agresif dan tepat pun ditengarai sebagai salah satu alasan Vettel gagal meraih podium pertama di akhir balapan.

“Saya siap menerima kritik dari siapa saja, terutama dari mereka yang menang. Akan tetapi, kritik dalam konteks yang baik karena kritik yang buruk itu tidak benar,” kata Arrivabene lagi.

Terkait banyaknya pihak yang menyebut Vettel kerap melakukan kesalahan sepanjang musim 2018, Arrivabene ingin menyikapinya dengan lebih bijak. Telah berniat menanggung seluruh tudingan dan konsekuensi, Arrivabene pun bersikeras tidak ingin menyalahkan Vettel.

“Anda dapat mengatakannya sebagai kesalahan tetapi jika Anda melihat F1, setiap orang juga melakukan kesalahan. Jadi saya tidak ingin menunjuk ke arah Vettel,” jelasnya.

Arrivabene beralasan bahwa setiap individu di tim memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Ia khawatir jika ia dengan sengaja menyalahkan satu orang, akan berdampak ke anggota timnya yang lain. Hal ini juga menjadi dasar mengapa pada akhirnya ia lebih memilih untuk memikul seluruh tanggung jawab yang ada.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Formula 1 Hanya di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%