Formula 1

Pertama Kalinya, Formula 1 Bikin Seri Balapan Khusus Wanita

Kamis, 11 Oktober 2018 12:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© BBC
Seri W adalah balapan wanita sebagai upaya mencari bakat potensial wanita untuk maju ke kancah F1 Copyright: © BBC
Seri W adalah balapan wanita sebagai upaya mencari bakat potensial wanita untuk maju ke kancah F1

INDOSPORT.COM – Balapan Formula 1 mencoba melebarkan sayap di luar balapan kaum pria dengan meluncurkan seri motorsport W yang ditujukan untuk pembalap wanita.

Formula 1 kini tidak hanya mengkhususkan diri sebagai seri balapan untuk kaum pria, di mana mereka juga menyadari bahwa kaum wanita juga memiliki hak untuk mencoba ajang ini.

Peluncuran seri motorsport W ini sebagai upaya menemukan bintang-bintang Formula 1 wanita yang potensial, di mana rencananya akan dimulai pada tahun 2019.

Rencanya ini juga didukung oleh penang Grand Prix 13 kali, David Coulthard dan kepala desain Red Bull Adrian Newey, karena mereka yakin bahwa pria dan wanita bisa bersaing dengan ketentuan yang sama di ajang motorsport.

“Jika Anda menginginkan perubahan mendasar dalam hasil, Anda membutuhkan perubahan mendasar dalam proses. Seri W adalah perubahan mendasar dengan menciptakan peluang untuk membawa bakat wanita ke tingkat tertinggi,” kata Coulthard dilansir BBC UK.

Wanita terakhir yang memulai grand prix F1 adalah wanita Italia, Lella Lombardi di tahun 1976, dan Coulthard yakin bahwa wanita juga bisa sukses di Formula 1 seperti Lewis Hamilton saat ini.

“Bisakan mereka sebagus Lewis Hamilton? Saya tidak tahu,” ujar pria berusia 47 tahun itu. “Tapi saya tahu ada banyak sekali pembalap pria di F1 yang tidak sebagus Lewis.”

“Jadi jika kita tidak membuat platform yang memberikan kesempatan untuk mempercepat akses itu, maka tidak ada yang akan berubah.”

Seri W bertujuan untuk menarik hingga 20 pembalap wanita terdepan di dunia untuk bersaing mendapatkan hadiah uang 1,14 juta dolar (Rp17 miliar) di enam balapan di Eropa, dan putaran di Inggris.

Para pembalap akan dipilih melalui program yang menilai kemampuan mereka, sehingga nantinya akan mengidentifikasi bakat wanita yang ada dan membantu mereka mengembangkan karier mereka.

Untuk saat ini, Jamie Chadwick, wanita pertama yang memenangkan perlombaan Formula 3 Inggris, mendukung Seri W ini. Disusul mantan pembalap F3 dan GP3, Alice Powell, pembalap Stephane Kox dan pembalap Inggris Vicky Piria yang menyambut positif untuk pengembangan karier wanita di motorsport.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM