MotoGP

Rossi Ungkap Mesin Baru Tak Selesaikan Masalah Yamaha

Minggu, 9 Desember 2018 19:58 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Setelah tertatih di musim balap 2018, Valentino Rossi memiliki ambisi untuk tampil kompetitif di musim balap MotoGP 2019 dengan memperbaiki permasalahan yang ada di YFZ-M1 miliknya. Setelah melakukan serangkaian pengembangan, Yamaha menyiapkan dua mesin untuk diuji coba oleh Rossi.

Namun Rossi yang telah melakukan sesi uji coba mesin baru di Valencia dan Jerez mengungkapkan bahwa ia kurang puas dengan pengembangan motor. Perubahan mesin pada M1 nampaknya tidak merubah karakteristik motor.

Selain itu menurut pembalap berjuluk The Doctor tersebut permasalahan utama paket motor 2018 adalah traksi yang disebabkan karena mesin dan sistem kelistrikan motor.

“Saya rasa masalah yang kami miliki saat ini adalah mesin baru tidak mengubah karakteristik motor, kami harus meningkatkannya,” tegas pembalap 39 tahun itu dikutip dari Motorsport.

Pendapat berbeda datang dari rekan setim Rossi, Maverick Vinales, yang menganggap pengembangan motor telah meningkatkan performanya di Valencia dan Jerez. Menurut Vinales, Mesin baru M1 memiliki pengereman mesin lebih baik sehingga membantunya dalam memasuki tikungan.

Vinales yang optimis dengan pengembangan motor yang dapat membawa Yamaha berpeluang tampil kompetitif di musim 2019 mendapat komentar dai Rossi yang menganggaop bahwa permasalahan dalam M1 harus diselesaikan lebih dahulu.

“Saya menyukai optimisme Maverick, namun pertama-tama Anda perlu mengatasi masalahnya, dan kemudian mengatakannya. Ia (Vinales) selalu kencang saat tes,” tandasnya.

Pada tes Valencia dan Jerez, kedua pembalap Yamaha sudah menunjukan peningkatan dengan perubahan mesin baru. Vinales sukses mendominasi di tes Valencia dan tampil kompetitif di Jerez. Sementara Rossi masih mengikuti dengan tampil kompetitif di dua tes pra musim.

Terus Ikuti Update Seputar MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM