MotoGP

Gabung Honda, Duet Marquez-Lorenzo Bukan Yang Terbaik

Minggu, 30 Desember 2018 19:36 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo, dua pembalap MotoGP. Copyright: © Getty Images
Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo, dua pembalap MotoGP.

INDOSPORT.COM - Mantan pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, sebentar lagi akan memulai petualangan baru bersama tim Repsol Honda di ajang MotoGP 2019. Resmi bergabung dengan Honda, Jorge Lorenzo akan berduet dengan juara dunia MotoGP 2018, Marc Marquez, selama dua musim kontraknya.

Kolaborasi keduanya diharapkan dapat menampilkan kombinasi sempurna bagi Honda untuk dapat kembali kompetitif bahkan dapat kembali berjaya dalam MotoGP musim depan. Sebelumnya, Marquez berhasil menampilkan duet kompetitif bersama Dani Pedrosa dan akhirnya Honda berhasil membawa Marquez menjadi juara dunia MotoGP ke-5 kalinya.

Meskipun digadang-gadang akan dapat menjadi duet yang sempurna di musim depan, nyatanya duet Marquez-Lorenzo bukanlah duet terbaik yang pernah tercipta dalam sejarah MotoGP.

Dalam urusan juara dunia, duet dari pasangan Giacomo Agostini-Phil Read masih menjadi yang terbaik sejak 1973. Duet legendaris ini berhasil meraih 19 kali gelar juara dunia. Hingga saat ini belum ada pasangan yang mampu menandingi jumlah gelar juara kedua pembalap tersebut.

Beda hal dalam urusan kemenangan. Dari segi kemenangan, duet Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo masih menjadi duet nomor satu dimana duet yamaha ini menjadi pasangan yang paling banyak meraih kemenangan di ajang MotoGP. Pada musim 2016, kedua pembalap ini berhasil meraih 179 kemenangan disemua kelas.

Rossi yang superior pada masa itu berhasil meraih 114 kemenangan dan Lorenzo sebagai rekan duetnya mampu mencetak 65 kemenangan. Namun kemenangan keduanya belum mampu menandingi Marquez yang berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP ketiganya.

Terus Ikuti Update Seputar MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM