Formula 1

Profil Tim Scuderia Ferrari: Mengembalikan Dominasi Si Kuda Jingrak di F1

Selasa, 12 Maret 2019 15:48 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Crash.net
Ferrari rilis mobil baru yang diberi nama SF90 untuk Formula 1 2019 Copyright: © Crash.net
Ferrari rilis mobil baru yang diberi nama SF90 untuk Formula 1 2019

INDOSPORT.COM - Ajang balapan Formula 1 akan kembali bergulir tahun ini. Seri pertama Formula 1 musim 2019 dijadwalkan digelar pada 17 Maret 2019 di Australia. 

Formula 1 2019 akan menggelar 21 seri balapan dimulai dari GP Australia hingga terakhir di GP Abu Dhabi, Desember nanti. 

Akan ada 20 pembalap yang berkompetisi di musim 2019. Juara bertahan Lewis Hamilton kembali dijagokan pada musim ini bersama juga dengan Sebastian Vettel. 

Selain 20 pembalap, Formula 1 2019 juga akan melibatkan 10 tim pabrikan mobil. Kesepuluh pabrikan itu adalah Merceders, Scuderia Ferrari, Red Bull Racing, Renault, Haas, McLaren, Racing Point, Toro Rosso, Williams, dan Alfa Romeo. 

Untuk menyambut gelaran jet darat terbesar di dunia ini, kami pun secara khusus akan membahas tiap pabrikan mobil yang terlibat di dalamnya. Untuk kali ini tim yang akan dibahas adalah Scuderia Ferrari.

Scuderi Ferrari 

Scuderia Ferrari merupakan salah satu pabrikan mobil papan atas Formula 1. Semenjak berdirinya hingga saat ini, Scuderia Ferrari (atau biasa kita kenal Ferrari) selalui menjadi kontender juara Formula 1. 

Scuderia Ferrari merupakan nama untuk Gestione Sportiva, salah satu divisi dari pabrikan mobil Ferrari yang bergerak di bidang balap mobil, khususnya Formula 1

Ferrari pertama kali berkompetisi di F1 pada musim 1948 dengan menggunakan mobil F1 pertama mereka, Tipo 125 F1. Hal ini membuat Ferrari menjadi tim tertua dan paling sukses yang berlaga di kompetisi jet darat. 

Scuderia Ferrari didirikan oleh Enzo Ferrari pada akhir tahun 1929 sebagai sponsor untuk beberapa pembalap amatir dalam berbagai balapan.

Setelah mendompleng pabrikan raksasa Alfa Romeo, Scuderia Ferrari memutuskan berdiri sendiri pada tahu 1939 hingga akhirnya menjadi besar seperti sekarang. 

Sepanjang sejarahnya, Scuderia Ferrari telah meraih 16 gelar juara konstruktor dan 15 gelar pembalap. Ferrari begitu dominan saat diperkuat oleh Michael Schumacher di medio 2000-an.

Kala itu Ferrari berhasil memenangi gelar pembalap dan konstruktor selama lima tahun beruntun. 

Pada musim 2019 ini Scuderia Ferrari diperkuat oleh dua pembalap yakni Sebastian Vettel (Jerman) dan Charles Lecierc (Monako). Keberadaan Vettel diharapkan dapat mengulang dominasi Ferrari seperti saat masih diperkuat oleh Niki Lauda dan Michael Schumacer. 

Vettel sendiri tengah mencari performa terbaiknya setelah menjadi raja Formula 1 bersama Red Bull Racing dari tahun 2010-2013. 

Profil Scuderia Ferrari

Pembalap:

Sebastian Vettel (Jerman), Charles Lecierc (Monako)

Lomba Pertama:

Grand Prix Monaco 1950

Ikut Lomba:

972 kali (234 podium pertama)

Gelar Konstruktor:

16 Kali

Gelar Pembalap:

15 kali

Pembalap Legendaris:

Niki Lauda, Jody Scheckter, Michael Schumacher

Terus Ikuti Perkembangan Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%