MotoGP

Bersaing dengan Mandalika, Gorontalo Tambah Armada Sirkuit Balap Motor di Indonesia

Rabu, 3 April 2019 16:21 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© JEWEL SAMAD/AFP/Getty Images
Sirkuit Sentul (hanya ilustrasi). Copyright: © JEWEL SAMAD/AFP/Getty Images
Sirkuit Sentul (hanya ilustrasi).

INDOSPORT.COM - Perkembangan pada cabang olahraga balap motor di Indonesia sudah mulai terlihat dalam beberapa waktu belakangan ini.

Dimulai dari adanya rencana pembangunan sirkuit Mandalika pada akhir tahun 2019 yang juga dipersiapkan untuk gelaran MotoGP 2021, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo juga bersedia untuk membangun sirkuit balap di bumi perkemahan Bongohulawa, Limboto, Gorontalo.

Khusus untuk pembangunan sirkuit ini, pemerintah daerah menganggarkan dana sebesar Rp3 miliar. Pada Selasa (02/04/19) Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo mengatakan bahwa pembangunan sirkuit bertujuan sebagai sarana untuk menyalurkan bakat balap motor para pemuda Golontaro.

"Pembangunan lintasan balap merupakan perhatian dan komitmen kami untuk membuka ruang bagi pencinta otomotif agar tidak lagi menggunakan badan jalan karena cukup membahayakan, maka tahun 2018 lalu kami telah mengawali membuat rintisannya," ucap Nelson dikutip dari Antara.

Pembangunan sirkuit ini akan ditargetkan selesai pada tahun ini. Nelson juga menambahkan bahwa sebelum adanya sirkuit ini, para pencinta otomotif di Gorontalo hanya menggunakan badan jalan samping Kantor Bupati atau lintasan lapangan Sport Center Limboto sebagai lintasan balap.

"Pada tahun 2018 lalu pembangunan diawali dengan rintisan, bentuk jalannya dibuat dan tahun ini segera diselesaikan, saat ini telah masuk tahap lelang," ungkap Nelson.

Dengan tersedianya arena untuk balapan, maka para pemuda bisa leluasa menyalurkan bakat mereka, dan ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk mencari bibit pembalap yang berpotensi untuk Indonesia.

Atas inisiasi ini, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Gorontalo, Ridwan Bobihoe menyampaikan ucapan terima kasihnya atas perhatian pemerintah daerah, khususnya Bupati terhadap cabang olahraga balap motor.

"Ini merupakan impian kaum pencinta otomotif yang sudah lama dan saat ini telah diwujudkan oleh Pak Bupati Nelson," pungkas Ridwan.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT