MotoGP

Catatan Mengagumkan Marquez di MotoGP America: Sapu Bersih 6 Gelar Beruntun

Selasa, 9 April 2019 16:46 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirco Lazzari gp/Bongarts/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez merayakan kemenangannya di MotoGP Amerika Serikat. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Bongarts/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez merayakan kemenangannya di MotoGP Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez ternyata memiliki rekor fantastis di MotoGP America karena bisa menyapu bersih 6 gelar balapan beruntun.

Seperti diketahui, saat MotoGP Americas mulai digelar pada tahun 2013, Marquez mampu menjadi pembalap nomor satu untuk melewati garis finish. Begitupun dalam balapan di musim-musim berikutnya hingga yang terakhir di tahun 2018 lalu.

Bahkan menurut laman berita olahraga Motorsport, Marquez juga menunjukan keperkasaan di dua sirkuit lainnya yakni di GP Indianapolis (yang dihapus dari kalender sejak 2015) dan GP di Mazda Raceway Laguna Seca (yang dihapus dari kalender mulai 2013).

Pada balapan perdana di sirkuit yang terletas di Austin, Texas tersebut, Marquez tampil mendominasi sejak babak kualifikasi. Ia keluar sebagai juara dan finish di depan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Di tahun 2014, pembalap asal Spanyol itu kembali keluar sebagai juara dan mengalahkan rekan setimnya, Dani Pedrosa, serta pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Setelah hanya berada di posisi kelima pada balapan perdana di Qatar, Marquez kembali menunjukan tajinya di Texas pada tahun 2015. Meskipun ia mengalami masalah teknis saat kualifikasi, Marquez kembali naik podium sebagai juara.

Tiga tahun berikutnya, Marquez tetap menjadi raja di GP Amerika. Gelar terakhir yang ia dapatkan di tahun 2018 merupakan hadiah baginya setelah hanya finish di posisi ke-18 pada balapan di GP Argentina.

Tentu saja tahun ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Marquez. Ia bisa mendapatkan gelarnya yang ke tujuh bila bisa tampil agresif di MotoGP Americas pada Senin (15/04/19).

Ikuti Terus Update MotoGPdan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM