Formula 1

Vettel dan Leclerc Bersaing, Ferrari Diharapkan Tak Pilih Kasih

Jumat, 19 April 2019 14:51 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Isman Fadil
© PlanetF1
Charles Leclerc (kiri) dan Sebastian Vettel yang kini menjadi partner di Ferrari untuk musim F1 2019. Copyright: © PlanetF1
Charles Leclerc (kiri) dan Sebastian Vettel yang kini menjadi partner di Ferrari untuk musim F1 2019.

INDOSPORT.COM - Mantan pembalap Ferrari, Gerhard Berger, berharap persaingan Sebastian Vettel dan Charles Leclerc berjalan adil dan tidak ada istilah ‘anak emas’ di antara mereka.

Pernyataan Berger tersebut merujuk pada kecenderungan Ferrari yang lebih mengunggulkan Vettel karena menyandang status pembalap veteran dengan segudang pengalaman. Menurut Beger, selayaknya Ferrari membiarkan keduanya berkompetisi secara terbuka.

“Saya menyukai Vettel dan sangat mengapresiasinya, tapi ada anak ini (leclerc) yang punya kemampuan memenangkan gelar,” kata Berger, seperti dikutip dari laman berita olahraga Formula 1 di BBC.

Bos Ferrari, Mattia Binotto, sebenarnya cukup kesulitan ketika menentukan team order di setiap balapan. Namun pada akhirnya ia memutuskan menjadikan Vettel pembalap utama Ferrari, meski tidak menutup kemungkinan bahwa posisi tersebut nantinya bisa diambil alih Leclerc.

Binotto sendiri memastikan persaingan keduanya akan berjalan 50:50 meski Vettel merupakan pembalap yang lebih difavoritkan. Akan tetapi, Berger merasa pernyataan Binotto yang secara tidak langsung membandingkan kedua pembalapnya tidak tepat.

“Saya rasa tidak cukup mengatakan yang satu berpengalaman, yang satu belum, lalu berkata, ‘Kami akan memilih yang lebih berpengalaman,’” ujar Berger lagi.

Meski masih muda, Leclerc sudah cukup sukses menunjukkan keahliannya mengaspal di dunia balapan Formula 1. Ia bahkan mengungguli Vettel saat GP Bahrain beberapa waktu lalu, ia bisa saja memenangkan balapan jika mesin mobilnya tidak mengalami kerusakan.

Saat di GP China, Leclerc yang sedang berada di posisi ketiga juga diminta mengalah dan memberikan tempatnya kepada Vettel yang mengekor tepat di belakangnya, supaya Vettel bisa mengejar Valtteri Bottas di posisi kedua. Namun sayang strategi tersebut malah gagal total.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM