Formula 1

Termasuk Rio Haryanto, Hanya Ada 4 Pembalap F1 dari Asia Tenggara

Rabu, 5 Juni 2019 23:44 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bernard Cahier/Getty Images
Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh atau Prince Bira, pembalap F1 satu-satunya dari Thailand. Copyright: © Bernard Cahier/Getty Images
Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh atau Prince Bira, pembalap F1 satu-satunya dari Thailand.

INDOSPORT.COM - Presiden Joko Widodo meminta Sirkuit Mandalika di Lombok juga dikembangkan untuk menyelenggarakan balapan Formula 1, selain MotoGP.

Namun jika menyelenggarakan Formula 1 masih berupa wacana, tidak dengan kiprah pembalap Indonesia di ajang jet darat ini. Tim Merah Putih sempat mengirimkan Rio Haryanto, yang membawa harum nama bangsa ke ajang F1.

Namun selain Rio Haryanto, tahukah Anda Asia Tenggara pernah punya pembalap F1 sebelumnya? Berikut INDOSPORT merangkum empat pembalap F1 yang berasal dari Asia Tenggara, dikutip dari Seasia.

Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh (Thailand)

Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang punya pembalap mobil. Adalah Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh atau yang akrab disebut Prince Bira, yang melakoni balapan mobil pada era 1950-an.

Memiliki keturunan garis biru Siam (kini Thailand), Prince Bira dikirim ke Inggris untuk bersekolah. Di sinilah ketertarikan di dunia otomotif muncul. Pertama kali ia balapan bersama tim sepupunya, Prince Chula yang bernama White Mouse Racing pada 1935.

Lalu ia mulai balapan di Formula 1 dan Grand Prix untuk tim Maserati, Gordini, dan Connaught. Pada Olimpiade 1960, Prince Bira bahkan berkompetisi melawan pembalap F1 lainnya, Roberto Mieres.