Nyaris Batal, Ini Fakta-fakta Kejuaraan Dunia MXGP 2019 yang Akan Digelar di Indonesia

Kamis, 13 Juni 2019 14:21 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© www.mxgp.com
Kalender baru untuk kompetisi MXGP 2019. Copyright: © www.mxgp.com
Kalender baru untuk kompetisi MXGP 2019.

INDOSPORT.COM - Indonesia berkesempatan menggelar Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) 2019. Berikut fakta-fakta Kejuaraan Dunia MXGP di Indonesia. 

Kejuaraan Dunia Motocross atau MXGP sudah berlangsung sejak tahun 1952. Kejuaraan Dunia MXGP 2019 merupakan Kejuaraan Dunia Motocross ke-63 yang diselenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). 

Indonesia, menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Dunia MXGP tahun 2019. Sebelum menyaksikan aksi dari para pembalap ternama, berikut INDOSPORT merangkum beberapa fakta MXGP. 

Digelar di Palembang dan Semarang

© otorace.gridoto.com
MXGP Semarang sedang diusahakan, MXGP Palembang terancam pindah lokasi. Copyright: otorace.gridoto.comPenampakan sirkuit MXGP Semarang .

Indonesia dipercaya menggelar 2 dari 18 seri dalam kalender balapan MXGP 2019. Balapan MXGP di Indonesia akan digelar di Palembang dan Semarang. 

MXGP Palembang akan berlangsung pada 6-7 Juli di Sirkuit Jakabaring. Sedangkan MXGP Semarang akan berlangsung 14 Juli mendatang di Sirkuit Bukit Semarang Baru. 

Palembang pada tahun 2019 ini untuk pertama kalinya menggelar MXGP. Sedangkan untuk Semarang adalah yang kedua kalinya. 

Pada tahun 2017 dan 2018 lalu, Pangkal Pinang menjadi lokasi penyelenggaraan MXGP 2017. Lalu pada 2018 lalu Pangkal Pinang dan Semarang menjadi lokasi MXGP.  

© www.mxgp.com
Kalender baru untuk kompetisi MXGP 2019. Copyright: www.mxgp.comKalender baru untuk kompetisi MXGP 2019.

Nyaris Batal

Gelaran MXGP 2019 di Indonesia sempat terkendala dan terancam batal. MXGP Semarang mengalami perubahan mekanisme yang tadinya digelar oleh Ikatan Motor Indonesia Jawa Tengah (IMI Jateng) dan kini dipegang Dispora Kota Semarang.

Selain itu, Pemkot Semarang bekerjasama dengan pihak asing sebagai pemegang lisensi sehingga membutuhkan persetujuan DPRD Kota Semarang dan memakan waktu. 

Laporan pendanaan MXGP Semarang juga sempat tertunda dan belum rampung hingga Maret lalu. Sedangkan MXGP Palembang sempat terkendala sirkuit di kawasan Jakabaring Sport City yang belum ditata untuk MXGP 2019. 

Tetapi akhirnya Palembang dan Semarang telah siap untuk menggelar MXGP 2019. 

Dikuasai 2 Pembalap

Saat ini, dari 8 balapan MXGP 2019 yang telah selesai digelar, dua pembalap menguasai podium dan mendominasi balapan. 

Dua pembalap tersebut adalah Tony Cairoli asal Italia, dan Tim Gasjer asal Slovenia. Tony Cairoli dan Tim Gasjer sama-sama memenangi 4 balapan dari 8 balapan yang sudah berlangsung. 

MXGP 2019 masih akan menggelar 10 balapan lagi dan dua diantaranya akan berlangsung di Indonesia. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%