In-depth

Deja Vu MotoGP Austria, Saatnya Dovizioso Kangkangi Marquez

Sabtu, 10 Agustus 2019 21:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Andrea Dovizioso saat memimpin balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/05/19). Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Andrea Dovizioso saat memimpin balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/05/19).

INDOSPORT.COM - Hasil babak kualifikasi MotoGP Austria 2019 sukses membuat pembalap Repsol Honda Marc Marquez raih pole position dan cetak rekor.

Kualifikasi MotoGP Austria 2019 berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Eropa, Sabtu (10/08/19) waktu setempat.

Marc Marquez sukses mendulang catatan terbaik, yakni 1 menit 23,027 detik. Selain itu Marquez mampu mengalahkan rekor pole position yang pernah ditorehkan Mick Doohan.

Di posisi kedua ada pembalap kejutan Fabio Quartararo yang mencatatkan waktu 1 menit 23, 461 detik. Quartararo berhasil mengalahkan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang ada di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 23,515 detik.

Dominasi Ducati

Marc Marquez boleh menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi. Namun, pembalap Repsol Honda itu mesti mewaspadai kebangkitan rivalnya, Andrea Dovizioso. 

Dovizioso yang di seri ini start dari posisi tiga, mulai menapaki lagi persaingan di garis depan. Setelah absen naik podium di tiga seri, pada seri Ceko pekan lalu pembalap asal Italia itu sukses mengamankan posisi kedua tepat di belakang Marquez. 

Selain itu, ada faktor lain mengapa Marc Marquez mesti khawatir terhadap Dovizioso. Sejak dibuka kembali tahun 2016, Ducati selalu meraih podium puncak di MotoGP Austria.

Pada tahun 2016 Ducati merebut dua posisi teratas melalui pembalapnya, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso. 

Di tahun 2017 giliran Andrea Dovizioso yang merebut podium utama disusul oleh Jorge Lorenzo yang juara pada tahun 2018. 

Terkhusus MotoGP Austria 2017, seri ini menjadi salah satu panggung pertarungan paling sengit antara Andrea Dovizioso dan Marc Marquez. 

Adu Salip Dovizioso-Marquez

MotoGP Austria 2017 menjadi panggung pertarungan bagi Andrea Dovizioso dan Marc Marquez. Keduanya memulai balapan dari barisan depan dan terus berlanjut sampai jelang garis finis.

Red Bull Ring sejauh 4,318 kilometer yang dominan trek lurus dengan hanya tikungan berjumlah 10 menjadi tempat yang nyaman bagi Ducati. Dovizioso jelas diuntungkan dengan kondisi lintasan tersebut. 

Lap terakhir balapan menjadi pertarungan sengit di antara keduanya. Marquez gigih mencari celah untuk menyalip Dovizioso bahkan sampai adu pepet. 

Marquez sempat berhasil melewati Dovizioso di tikungan terakhir, tetapi Dovizioso berhasil memanfaatkan kondisi Marquez yang kurang stabil usai menyalipnya kembali.

Marquez lantas berhasil mengambil posisi terdepan kembali dengan sedikit acungan tangan sebagai selebrasi setelah sukses mengalahkan Marquez di percobaan terakhirnya.

Deja Vu

Dovizioso jelas memiliki motivasi berlipat jelang balapan MotoGP Austria nanti. Ia tentunya ingin mempertahankan dominasi Ducati sekaligus menjaga harga diri dihadapan Marquez. 

Dengan pengalaman di tiga seri balap sebelumnya, Dovizioso dengan motor Ducatinya siap mengambil keuntungan. 

Layaknya Deja Vu, Marc Marquez pun bisa saja terpeleset mengingat Dovizioso sanggup meraih start position di posisi ketiga.