Formula 1

Jakpro Usahakan Rio Haryanto dan Sean Gelael Dapat Wildcard di Formula E 2020

Senin, 19 Agustus 2019 15:51 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Rio Haryanto dan Sean Gelael diusahakan akan mendapatkan wildcard di Formula E 2020. Copyright: © Getty Images
Rio Haryanto dan Sean Gelael diusahakan akan mendapatkan wildcard di Formula E 2020.

INDOSPORT.COM – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, Jakarta Propertindo (Jakpro), mengungkapkan bahwa jika balapan Formula E jadi digelar, maka mereka akan mengusahakan dua pembalap Indonesia, Rio Haryanto dan Sean Gelael untuk mendapatkan kesempatan ikut balapan.

Dirut Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto menyebut saat ini pihaknya akan menegosiasikan dua pembalap tersebut mendapat wildcard. Namun pihaknya juga belum mengungkapkan niatan tersebut pada FIA lantaran belum ada landasan hukum pengelolaan balapan mobil tersebut.

“Kalau soal tunjuk (jadi pengelola Formula E), ya tunjuklah, sekarang tinggal menyusun pergubnya, namun yang menarik itu Formula E ini kelasnya dibawah Formula 1, saya mau menegosiasikan dua pembalap Indonesia dapat Wilcard,” ujar Dwi, dilansir Antara.

“Ini saya masih mau negosiasikan, saat ini belum saya ungkapkan, wildcard bagi dua pembalap kita untuk ikut kompetisi di situ. Mobilnya mobil mereka, dan itu biasanya kalau tuan rumah bisa dapat fasilitas itu,” jelasnya.

Dwi juga mengungkapkan alasan pemilihan kedua pembalap tersebut, lantaran dahulu Rio Haryanto sempat menjadi pembalap Formula 1 untuk tim Manor Racing, dan Sean Gelael yang saat ini masih aktif untuk tim Formula 2 bersama tim Pertamina Prema Racing memiliki nilai jual balapan itu sendiri.

“Mereka bisa membalap untuk Formula E yang setara dengan Formula 2. Itu nanti diikutkan untuk menarik minat masyarakat dan tentu langkah cari sponsor juga,” tambahnya.

Selain itu, untuk sponsor penyelenggaraan, Dwi mengatakan bahwa pihaknya berniat mengajak berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk turut menyukseskan ajang balapan Formula E yang disebut-sebut Pemprov DKI Jakarta akan dihelat pada 2020 mendatang.