Formula 1

Formula 1 Tetap Gunakan Sirkuit Catalunya pada Musim 2020

Rabu, 28 Agustus 2019 13:39 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya. Copyright: © MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya.

INDOSPORT.COMFormula 1 telah mengonfirmasi balapan GP Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya akan tetap berada di kalender F1 pada musim 2020.

Sebelumnya, seri balapan GP Spanyol yang telah tampil di kalender F1 setiap tahun sejak 1986, dan berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya sejak 1991, sempat terancam tak diperpanjang kontraknya dan tidak mendapatkan bantuan dana pemerintah untuk membantu gelaran tersebut.

Namun pada akhirnya pejabat pemerintah Catalan mengonfirmasi bahwa dana bantuan akan terus mengalir dan juga perpanjangan kontrak akhirnya menemui kata sepakat untuk membantu balapan agar tetap terlaksana.

"Kami sangat senang mengonfirmasi bahwa Grand Prix Spanyol akan masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia FIA Formula 1 2020," kata CEO dan chairman F1, Chase Carey.

"Keputusan untuk melanjutkan menggelar babak puncak dari olahraga balap mobil di Spanyol, negara dengan tradisi balap motor yang hebat menjadi strategi kami untuk mempertahankan akar Formula 1 di Eropa," tambahnya.

Kesepakatan baru tersebut maka akan menjadi tahun ke-30 secara beruntun bagi Sirkuit Barcelona-Catalunya menggelar ajang balapan tersebut.

Sementara itu, pada musim depan balapan akan ditambah hingga 22 seri dengan GP Vietnam dan Belanda dikabarkan akan ambil bagian dalam turnamen tersebut.

Sementara GP Jerman dikabarkan tidak masuk dalam kalender, sedangkan nasib GP Italia nasibnya belum pasti karena terkendala masalah biaya.