Formula 1

Usai Terapi Stem Cell, Michael Schumacher Kini dalam Keadaan Sadar

Kamis, 12 September 2019 10:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Michael Schumacher bersama tim Mercedes pada 2012. Copyright: © INDOSPORT
Michael Schumacher bersama tim Mercedes pada 2012.

INDOSPORT.COM – Legenda Formula 1, Michael Schumacher, dilaporkan sudah sadar setelah menjalani terapi stem cell atau sel induk di sebuah rumah sakit di Paris.

Dilansir media asal Prancis, Le Parisien, kabar Schumacher sudah sadar pertama kali terungkap setelah mantan bosnya di Formula 1, Jean Todt, berkunjung dan menghabiskan waktu bersama pembalap 50 tahun itu selama 45 menit.

Kondisi juara dunia tujuh kali Formula 1 itu saat ini kian membaik berkat perawatan stem cell atau transfusi sel induk di rumah sakit Georges-Pompidou pada hari Senin (09/09/19).

“Ya, dia dalam perawatan saya… dan saya bisa meyakinkan Anda bahwa dia sudah sadar,” seorang suster di rumah sakit mengonfirmasi kabar tersebut kepada media. 

Perawatan stem cell itu ditangani langsung oleh ahli bedah sekaligus spesialisasi jantung asal Prancis, Philippe Menasche. Schumacher menerima transfusi sel induk yang dirancang untuk menghasilkan tindakan anti-inflamasi sistemik.

Diyakini, Schumacher dibawa ke unit kardiovaskular dalam keadaan wajah dan tubuhnya tertutup untuk menghindari perhatian publik. Setidaknya, sepuluh agen keamanan dikerahkan untuk mengawasi pasien.

Profesor Menasche juga sempat menyatakan bahwa rincian perawatan yang dijalani Schumacher saat ini tetap dirahasiakan karena alasan kerahasiaan medis.

Schumacher sudah dua kali menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. Dia selalu datang menggunakan helikopter dari kediamannya di Swiss, namun hingga kini pihak keluarga masih memberi kabar lebih lanjut.

Michael Schumacher sudah ‘mengasingkan diri’ selama hampir enam tahun usai terlibat kecelakaan saat bermain ski di kawasan pegunungan Alpen pada tahun 2013. Kepalanya mengalami cedera akibat berbenturan dengan batu dengan sangat keras.

Michael Schumacher menjadi juara dunia Formula 1 sebanyak 7 kali dan telah mencapai podium hingga 155 kali usai mengawali kariernya di 1991 sebelum memutuskan pensiun pada tahun 2006, serta sempat comeback pada 2010 dan baru memutuskan pensiun pada dua tahun kemudian.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%